Wakil Bupati Wajo Membuka kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, November 15, 2021

Wakil Bupati Wajo Membuka kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral




WAJO, SULSEL - Wakil Bupati Wajo, Amran SE membuka kegiatan Pelatihan Optimalisasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral yang digelar oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kabupaten Wajo di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Senin (15/11/2021).

Membuka sambutannya, Wabup Amran SE, mengutip pesan Presiden Joko Widodo dalam Pidato Kenegaraan di tahun 2019 terkait data yang lebih berharga dari minyak.

"Kita kadang terlena dan menganggap bahwa data hanyalah sesuatu yang biasa, dan tidak dianggap sama sekali. Tapi, perjalanan waktu telah memberi pelajaran berharga, bahwa data merupakan hal yang berharga, yang apabila tidak dimilki, tidak dimanfaatkan, tidak dikelola dan tidak dievaluasi secara optimal akan mengakibatkan berbagai hal tidak diinginkan," ujarnya.

Amran juga mengungkapkan, selama ini, data dan informasi yang dimiliki terkean tidak valid dan tidak mutakhir.

Padahal data dan informasi dimaksud kata dia, harus diketahui oleh setiap pemangku kepentingan dan publik secara luas, terbuka dan transparan.

"Karena itu, saya berharap dengan adanya pelatihan ini, kedepan para peserta pelatihan dapat membuat data dan informasi yang
akurat, mutakhir, terpadu, dapat 
dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan 
dibagipakaikan antar instansi pemerintah pusat maupun daerah," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Wakil Bupati Wajo menegaskan jika diperlukan kesatuan data yang 
telah diatur melalui sistem satu data Indonesia guna mendukung agar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan dapat 
terintegrasi satu dengan lainnya. 

"Untuk itu. saya harapkan kerjasama, kerja keras, kerja ikhlas dan kerja tuntas 
dari para penanggungjawab data dan operator data dalam pengelolaan data yang terintegrasi menujusatu data statistik sektoral Kabupaten Wajo. Tugas anda yaitu rekap data, analisis data dan publikasikan data. Manfaatkan data dengan baik dan benar untuk perumusan kebijakan dan bahan evaluasi kebijakan," pinta Amran. 

Kepala Dinas Kominfotik, Dwi Apriyanto menyampaikan bahwa pelatihan ini digelar rangka meningkatkan kompetensi aparatur pengelola data dalam penyediaan data statistik sektoral Kabupaten Wajo.

"Pesertanya dari penanggung jawab data dan operator dari masing-masing perangkat daerah, termasuk kecamatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Wajo," ucapnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Bappelitbangda dan Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Wajo masing-masing sebagai narasumber.

Diketahui, Wakil Bupati Wajo, Amran turut mengikuti sampai selesai dan menutup kegiatan tersebut. (*)

Editor: M.Amran Mallala

No comments:

Post a Comment