Terkait Penataan Pedagang Kaki Lima, Ini Penjelasan Camat Watang Sawitto - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, November 15, 2021

Terkait Penataan Pedagang Kaki Lima, Ini Penjelasan Camat Watang Sawitto



PINRANG, SULSEL - Andi Sinapati Rudy, SE Camat Watang Sawitto kabupaten Pinrang mengeluarkan surat edaran terkait penataan pedagang kaki lima menuai polemik pasalnya, Lembaga Swadaya Masyarakat Forum Pembangunan dan Pengawas Kinerja Pemerintah (LSM FP2KP) mengatakan bahwa Ini sama kalau membunuh rakyat kecil dan surat teguran yang diperuntukkan kepada pedagang kaki lima membuat beberapa pedagang merasa cemas. 

Mawar misalnya salah satu pedagang kaki lima yang juga mendapat surat teguran mengatakan bahwa dengan adanya surat teguran tersebut, saya merasa cemas dan kemana lagi saya akan menjual untuk memenuhi kebutuhan hidup anak-anak saya.

Untuk diketahui bahwa pemerintah Kecamatan Watang Sawitto Kabupaten Pinrang mengeluarkan surat dengan nomor 300/286/KWS/IX/2021 tanggal 02 November 2021 perihal surat teguran untuk pelaksanaan penataan dalam rangka mengembalikan fungsi lahan fasilitas umum 

Menurut Ketua LSM FP2KP Andi Agustan Tanri Tjoppo surat teguran Camat Watang Sawitto yang diduga akan merencanakan penertiban pedagang kaki lima, ini dampaknya akan membunuh masyarakat kecil secara perlahan lahan, pedagang kaki lima ini hanya mau mencari hidup, bukan mau mencari kaya. Kata Andi Agustan. 

Lebih lanjut Andi Agustan menyampaikan bahwa kalau memang mau di lakukan penataan pedagang kaki lima yang menggunakan area trotoar, yang pertama adalah pedagang kaki lima yang ada di Lasinrang Park kemudian juga sepanjang jalan poros jenderal Sudirman dan jalan Ahmad Yani. “Itu jelas-jelas semuanya menggunakan area trotoar”, tegas Andi Uttang panggilan sapaannya.“Kami menyayangkan tindakan pemerintah Kabupaten Pinrang yang tidak pro kepada rakyat khususnya.

Sementara itu Camat Watang Sawitto Andi Sinapati Rudy.SE yang di temui di ruang kerjanya Senin 15 November 2021 mengatakan kami tidak  melakukan pengusuran hanya saja kami akan melakukan penataan kepada seluruh pedagang kaki lima yang ada di wilayah kecamatan Watang Sawitto, terangnya.

Lebih lanjut dia katakan untuk sementara ini kami masih melankan  surat teguran ke pada para pedagang kaki lima yang mengunakan pasilitas umum di wilayah kecamatan Watang Sawitto khususnya yang memakai trotoar dan hamparan aliran sungai,dan sementara kami selaku pemerintah tetap akan mencarikan solusi bagi pedagang kaki lima mengingat kondisi saat ini masih pandemik Covid19 yang tentu saja berpengaruh kepada masyarakat secara khusus para pedagang kaki lima itu sendiri,terang Andi Sinapati Rudi ke awak media ini. (A.Jamro)

Editor: A.Mappatoto, SH.MH

No comments:

Post a Comment