Minimalisir Hal Negatif, Satgas Kamtib Rutan Sidrap Geledah Kamar Blok Hunian dan Tes Urine - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, November 20, 2021

Minimalisir Hal Negatif, Satgas Kamtib Rutan Sidrap Geledah Kamar Blok Hunian dan Tes Urine



SIDRAP, SULSEL  - Dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, Satuan Tugas (Satgas) Kamtib Rutan Kelas IIB Sidrap melaksanakan kegiatan inspeksi mendadak (Sidak) dalam rangka meminimalisir hal-hal negatif didalam lingkungan Rumah Tahanan Negara tersebut.

Sidak ini diawali dengan penggeledahan kamar blok hunian warga binaan dan tes urine bagi pegawai dan WBP yang dilaksanakan di Ruang KPR Rutan Sidrap, Jumat (19/11/2021) kemarin.


Satgas Kamtib Rutan Sidrap secara rutin melaksanakan kegiatan penggeledahan kamar blok hunian guna melakukan penyisiran terhadap barang-barang terlarang dan berbahaya. Penggeledahan kamar blok hunian kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Andi Wildam dan Kasubsi Pengeloaan, Yabu.

Sebelum melaksanakan penggeledahan, yabu menyampaikan terkait etika dan barang-barang yang perlu diamankan dalam melakukan penggeledahan serta mengingatkan agar tetap menerapkan protokol kesehatan selama melakukan penggeledahan.

Adapun kamar yang digeledah yaitu kamar hunian di Blok E yang penghuninya lebih padat dari selainnya.

Kamar blok lainnya juga tak luput dari sasaran penggeledahan. Tujuannya setiap kamar blok hunian maupun barang pribadi milik warga binaan itu diperiksa ketat satu persatu.

Untungnya, petugas tak menemukan benda atau alat yang mencurigakan, seperti benda-benda tajam.

Riksa berkala ini dilaksanakan rutin setiap pekannya agar keamanan dan ketertiban di Rutan Sidrap tetap terus terjaga dalam keadaan aman dan tertib.

Setelah kegiatan penggeledahan, dilaksanakan tes urine bagi pegawai dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Ruang KPR.

Tes urine kali ini dilaksanakan dengan pengambilan sampel secara acak sebanyak 35 orang yang terdiri dari 15 orang pegawai dan 25 orang WBP.

Dari hasil tes urine sebanyak 35 orang, semuanya dinyatakan negatif. "Saya berharap dengan kegiatan penggeledahan dan tes urine ini, memberikan kita gambaran terhadap keadaan di Rutan Sidrap dan dapat dijadikan sebagai tolak ukur terhadap kondisi keamanan dan ketertiban yang ada di Rutan Sidrap", ujar Karutan Mansur,S.Sos.

Mansur berharap, seluruh penghuni khususnya para staf tak terlibat kasus penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan karena pemeriksaan secara mendadak tanpa diberitahu sebelumnya akan rutin dilakukan.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum ada ditemukan anggota kita maupun warga binaan terlibat narkoba. Kita harap ini dipertahankan,"tandasnya. (Ady)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment