Korem 142/Tatag laksanakan latihan Penanggulangan bencana alam - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, November 22, 2021

Korem 142/Tatag laksanakan latihan Penanggulangan bencana alam



MAMUJU, SULBAR - Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P membuka secara resmi latihan Penanggulangan bencana Alam gempa bumi dan tsunami di lapangan Ahmad Kirang Mamuju yang diselenggarakan oleh Korem 142/Tatag dihadiri Kapolda Sulbar, Kajati dan Bupati Mamuju serta Instansi yang terkait. Selasa ( 23/11/21 )
Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P dalam amanatnya mengatakan, latihan Penanggulangan bencana Alam Korem 142/Tatag, merupakan penjabaran dari UU RI Nomor 34 tahun 2004 tentang tugas dan peran TNI diantaranya melaksanakan tugas Operasi Militer  Perang ( OMP ) dan Operasi Militer Selain Perang ( OMSP ), isi dari tugas dan peran diatas adalah melakukan bantuan Penanggulangan bencana alam dan SAR  serta bantuan kamanusiaan atas permintaan Pemda setempat. 

" Satuan TNI diharapkan memiliki kesiap siagaan yang tinggi untuk mengantisipasi setiap kemungkinan bencana alam yang timbul didaerah sesuai dengan kemampuan dan kewenangan TNI " Tandas Danrem 142/Tatag.

DIhadapan para peserta latihan Penanggulangan bencana alam,   Danrem menegaskan bahwa sebagian besar Wilayah tanggungjawab Korem 142/Tatag merupakan Daerah rawan bencana alam, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan Satuan jajaran Korem 142/Tatag agar mampu melaksanakan tugas perbantuan kepada Pemda dalam menanggulangi bencana gempa bumi dan tsunami yang timbul.

Dikatakan, agar dalam latihan ini benar - benar mengarahkan realisme latihan sesuai dengan dinamika dilapangan yang sesungguhnya.

" Arahkan dan giring agar pelaku latihan senantiasa melakukan koordinasi, komunikasi, sinergitas terutama dengan Pemerintah Daerah dan instansi lainnya sesuai dengan kondisi dan situasi  " kata Danrem.

Disela - sela kegiatan upacara, Danrem 142/Tatag didampingi Kapolda Sulbar, Kajati Sulbar, Bupati Mamuju, Ka Basarnas,  melakukan pemeriksaan pasukan dan alat peralatan yang telah dipersiapkan oleh Korem 142/Tatag.

Ditempat yang sama, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi kepada awak media mengatakan, sangat mengapresiasi latihan Penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan oleh Korem 142/Tatag dengan melibatkan seluruh instasi yang terkait.

" Selama ini, kita jarang melakukan latihan Penanggulangan bencana alam, kegiatan ini sangat bagus sehingga nantinya kita semua dapat mengantisipasi ketika terjadi bencana diwilayah, sekali lagi Saya ucapkan terima kasih  kepada Korem 142/Tatag atas kegiatan ini " Ucap Bupati Mamuju, Hj. Sitti Sutinah Suardi. (AH)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment