Kembangkan Persuteraan, Bupati Wajo Minta Penyelenggara Pelatihan Punya Inovasi Kekinian - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, November 13, 2021

Kembangkan Persuteraan, Bupati Wajo Minta Penyelenggara Pelatihan Punya Inovasi Kekinian



WAJO, SULSEL -  Pelantikan pengurus DPD Himpunan Penyelenggara Pelatihan dan Kursus Indonesia (HIPKI) Sulsel di Sengkang, dijadikan momentum Bupati Wajo Amran Mahmud untuk melayangkan “tantangan”.

Saat menghadiri dan memberi sambutan di pelantikan yang digelar di Hotel Sermani, Sabtu malam (13/11/2021), Amran Mahmud meminta pengurus HIPKI Sulsel untuk menawarkan inovasi pengembangan persuteraan di Wajo.

Menurutnya, Wajo adalah satu-satunya kabupaten yang memiliki potensi persuteraan dari hulu sampai hilir. Sehingga, HIPKI diharapkan punya tawaran inovasi yang bisa mengembangkan persuteraan.

“Ini tantangan bagi para penyelenggara kursus dan pelatihan agar bisa menyiapkan kurikulum atau inovasi yang bisa mengikuti perkembangan. Artinya, bagaimana ke depannya sutera ini bukan dipakai pada acara seremonial atau acara adat saja. Tapi harus kita siapkan desain, agar sutera ini bisa dipakai oleh anak-anak milenial dan dipakai secara umum," ujarnya di depan pengurus dan anggota HIPKI.

Begitu juga, lanjutnya, Kabupaten Wajo ini memiliki potensi yang cukup banyak. Mulai dari potensi pertanian, perikanan danau dan laut, gas alam dan sebagainya yang peluangnya mesti dimanfaatkan HIPKI dengan beragam inovasi.

Di pelantikan ini, Amran Mahmud sempat “bernostalgia”. Menceritakan pengalamannya merintis lembaga pelatihan dan kursus sejak tahun 90-an. Targetnya bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan kreatif.

"Dari pengalaman inilah, makanya saya berani menargetkan di salah satu program unggulan kami untuk mencetak 10.000 enterpreneur baru. Karena dulu saja dengan segala keterbatasan, kami mampu cetak ribuan alumni yang memiliki kemampuan. Apalagi sekarang dengan dukungan dari OPD, Camat Kades dan Lurah, serta berbagai elemen tentu kita optimis ini bisa diwujudkan," ucap Amran yang juga berlatarbelakang akademisi.

Amran juga menyampaikan selamat dan sukses kepada ketua dan pengurus HIPKI Sulsel. Ditambah lagi, ketua HIPKI Sulsel merupakan salah satu pimpinan lembaga pelatihan di Kabupaten Wajo.
"Terima kasih juga kepada Pak Ketua Umum yang sudah menyempatkan diri berkunjung ke Wajo dan melantik pengurus HIPKI Sulsel. Semoga silaturrahim ini tetap terjalin. Semoga HIPKI bisa terus berinovasi dan berkolaborasi dengan pemerintah, khususnya pemerintah Kabupaten Wajo dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," tambah eks wakil bupati Wajo ini.

Untuk diketahui, sebelum ke lokasi pelantikan, Amran Mahmud yang dikenal selalu memuliakan tamunya, terlebih dahulu menjamu Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) HIPKI, Asep Syaripuddin bersama para pengurus HIPKI Sulawesi Selatan.

Sementara Ketua Umum HIPKI, Asep Syaripuddin menyampaikan agar ketua dan pengurus yang baru saja dilantik untuk segera menyusun program kerja DPD HIPKI Sulsel.

"Kita juga harus menyesuaikan dengan kondisi dan era saat ini. Saat ini di era milenial, era digital tentu metode lama harus kita tinggalkan dan segera menemukan metode pelatihan baru berbasis teknologi. Paling utama kita harus terus membangung mitra, khususnya bermitra dengan pemerintah," imbaunya.

Ketua HIPKI Sulsel, Syamsul Bahri menyampaikan harapan agar seluruh pengurus yang baru saja dilantik agar tetap dalam kebersamaan untuk menjalankan organisasi.

"Terima kasih dan penghargaan yang tinggi juga kami sampaikan kepada Bapak Bupati dan Bapak Ketum DPP HIPKI bersama jajaran pengurus yang menyempatkan diri untuk menghadiri kegiatan pelantikan DPD HIPKI Sulsel,"tutupnya. (*)

Editor: M.Amran Mallala.

No comments:

Post a Comment