Hujan Terus Mengguyur Wajo, Amran Mahmud: Kita Harus Terus Waspada dan Siaga - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Friday, November 05, 2021

Hujan Terus Mengguyur Wajo, Amran Mahmud: Kita Harus Terus Waspada dan Siaga



WAJO, SULSEL - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat (5/11/2021), memprediksi hujan ringan masih akan mengguyur wilayah Kabupaten Wajo dan sekitarnya dalam beberapa hari ke depan.

Dalam beberapa hari terakhir, hujan memang selalu mengguyur Bumi Lamaddukelleng, khususnya pada sore dan malam hari. Meskipun tidak lama, tetapi cukup deras.

Menanggapi hal ini, Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan siaga terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.

"Meskipun di prakiraan cuaca diperkirakan hanya hujan ringan, kita harus tetap harus siaga. Apalagi, beberapa malam sebelumnya, meskipun tidak lama, tapi guyuran hujan cukup deras," ucap Amran Mahmud.

Ketua PMI Wajo ini meminta kepada perangkat daerah terkait bekerja sama dengan camat, kepala desa, dan lurah untuk aktif memantau perkembangan dan melakukan langkah antisipatif untuk meminimalkan terjadinya luapan air atau banjir.

"Saya juga berharap kesadaran masyarakat untuk membersihkan mandiri saluran drainase di sekitar rumah atau pertokoan masing-masing. Tetap membiasakan membuang sampah pada tempatnya, agar jika turun hujan, air tetap mengalir lancar dan tidak meluap ke jalan, bahkan masuk ke perumahan masing-masing," harapnya.

Untuk banjir, Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Wajo ini mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo tengah menyiapkan penanganan jangka pendek dan jangka panjang, khususnya untuk wilayah Kota Sengkang.

"Untuk jangka pendeknya, kita saat ini memaksimalkan pembersihan drainase dan saluran primer. Termasuk saat ini sebagai contoh yang dilakukan di kawasan Pasar Sentral Sengkang dilakukan pembersihan saluran, begitu juga pada saluran lainnya," tuturnya.

Untuk penanganan jangka panjang, sementara dilakukan perencanaan master plan pembangunan drainase kota bersama tim teknis dengan menggandeng tenaga ahli.

"Selain banjir, diharapkan juga untuk tetap waspada angin kencang, khususnya wilayah yang menjadi langganan atau sudah pernah dilanda," ucap Amran Mahmud. (*)

"Selamat berakhir pekan, semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Sang Maha Pelindung. Salama'ki' topada salama', salama'ki' wali-wali," ucapnya. (*)

Editor: Amran Mallala

No comments:

Post a Comment