Bupati Wajo Dambakan Tosora Jadi Destinasi Wisata Budaya - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, November 13, 2021

Bupati Wajo Dambakan Tosora Jadi Destinasi Wisata Budaya



WAJO, SULSEL - Pekan Budaya “Mappesona Ri Tosora”, resmi digelar di Kompleks Masjid Tua Desa Tosora, Kecamatan Majauleng, Sabtu (13/11/2021) sore. Bupati Wajo, Amran Mahmud secara khusus mendaulat Anggota DPR RI, Andi Yuliani Paris membuka kegiatan yang bakal berlangsung selama dua hari ini.

“Mappesona Ri Tosora” merupakan bagian untuk menjaga dan melestarikan budaya, seni lokal, dan kuliner khas Wajo. Lewat kegiatan seperti ini, juga diharapkan bisa menarik kunjungan wisatawan kelak, sekaligus mempromosikan beragam potensi Wajo.

Bupati Wajo, Amran Mahmud dalam sambutannya, menuturkan, pengembangan wisata menjadi salah satu skala prioritasnya. Karena itu, kegiatan seperti ini patut disupport dan dikembangkan skalanya.

Menurutnya, sejak awal pihaknya mendambakan untuk mewujudkan Tosora sebagai salah satu destinasi wisata budaya di Kabupaten Wajo.

"Di Tosora inilah asal mula Wajo yang kemudian menjadi Kabupaten Wajo sehingga kita upayakan agar ini ke depannya bisa menjadi tempat berkunjung dan tempat belajar budaya. Khususnya yang ingin memperdalam pengetahuan tentang sejarah Kabupaten Wajo," ucapnya.

Berdasarkan pantauan, Amran Mahmud yang tiba bersama Anggota DPR RI Andi Yuliani Paris, disambut dengan tarian, serta budaya mappadendang. Bahkan, Amran dan Yuliani turut serta mappadendang atau menumbuk lesung padi.

Selama dua hari, serangkaian kegiatan dilakukan di pekan budaya. Seperti permainan rakyat, budaya, kuliner lokal, seni pertunjukan, talkshow budaya, hingga lomba karaoke lagu-lagu Bugis tempo dulu. 

Di momen ini, Amran Mahmud juga kembali menyampaikan terima kasih kepada Andi Yuliani Paris yang telah banyak membantu Kabupaten Wajo selama ini. Ia berharap, pengembangan wisata Tosora bisa ikut diperjuangkan di pusat.

“Kita berharap untuk kawasan ini  bisa dibantu untuk pengembangannya. Kami laporkan bahwa berdasarkan hasil penelitian laboratorium, air yang ada di kawasan mesjid tua Tosora ini bisa meningkatkan imunitas. Saya minta kepada Pak Camat dan Pak Desa untuk bisa dikomunikasikan lagi kepada beliau," harapnya yang disambut aplaus.

Selain itu, lanjut dia, salah satu juga yang menjadi pendukung untuk pengembangan pariwisata adalah perbaikan infrastruktur jalan. Oleh karena itu, meskipun di tengah refocussing akibat pandemi, kita tetap memaksimalkan pembangunan infrastruktur.

"Semoga melalui pekan budaya ini, semangat mencintai kebudayaan bisa digalakkan kembali. Selamat mengikuti kegiatan ini, tetap disiplin protokol kesehatan dan yang belum divaksin agar segera divaksin,"harapnya.

Sementara Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris meyampaikan, bahwa kegiatan seperti ini penting untuk generasi muda kita agar mereka memahami dan mengenal tentang kebudayaan.

"Untuk pengembangan kawasan ini menjadi destinasi wisata kebudayaan, nanti kita akan bantu komunikasikan ke kementerian pariwisata,” janji politisi Partai Amanat Nasional ini. (*)

Editor: M.Amran Mallala

No comments:

Post a Comment