Dengan Mengendarai Trail, Dandim Bersama Kapolres HSS Temui Tokoh Adat Dayak Damang Aini - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, October 11, 2021

Dengan Mengendarai Trail, Dandim Bersama Kapolres HSS Temui Tokoh Adat Dayak Damang Aini



HSS, KALSEL – Terlihat sangat akrab sinergitas terwujud dari seorang Dandim 1003/HSS Letkol Inf Nurlewedie Nurdin Kanan bersama Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto saat mengunjungi salah satu tokoh adat Dayak Damang Aini di Balai Adat Haruyan Desa Tumingki Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Senin (11/10)

Meski dengan bersusah payah dengan mengendarai trail yang terkadang jatuh dialami keduanya, tanjakan dan turunan terjal dilalui dengan penuh semangat namun Letkol Nuliwedie dan AKBP Sugeng akhirnya sampai juga dan disambut oleh Damang Aini di Balai Adat Haruyan. Dengan suguhan tarian kanjar yang dibawakan oleh suku dayak Loksado melepaskan lelah melalui jalan terjal dan juram menuju Balai Adat Haruyan.

Komandan Kodim 1003/HSS mengucapkan terima kasih atas sambutan tokoh – tokoh adat di Tumingki yang telah mau menerima kehadiran Dandim dan Kapolres di Balai Adat Haruyan “ Saya banyak berterima kasih kepada para tokoh adat disini yang telah mau menerima kedatangan kami ” ucapnya Dandim senang.

Lebih jauh Letkol Wedie (biasa diipanggil) berpesan agar perlunya kita melestarikan adat istiadat dan budaya suku dayak yang ada di Desa Tumingki ini, sebagai salah satu suku asli Kalimantan suku dayak harus melestarikan adat budaya yang ada. Dandim juga menyampaikan TNI Polri harus dekat dan membantu masyarakat yang jauh sekalipun.

Dalam kesempatan tersebut Damang Aini menyampaikan harapannya kepada Dandim dan Kapolres agar bisa bagaimana jalan yang telah ada dapat dilalui roda empat. “ Jadi Kami berharap kepada Pak Dandim, Pak Kapolres dan jajarannya, bagaimanan mengatasi jalan kita ini supaya bisa dilalui roda empat “ ujar Damang

Menanggapi harapan masyarakat Tumingki tersebut Dandim HSS tidak bisa menjanjikan namun akan tetap disampaikan keluhan suku pedalaman tersebut kepada pemerintah daerah.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Danramil 02/Padang Batung, Dan Unit Dim 1003/HSS, Kasat Bimas Polres HSS, Kabag Humas Polres HSS serta masyarakat lingkungan Balai Adata Haruyan Desa Tumingki Kecamatan Loksado. (*)

@Pendim 1003,
Editor: A2W

No comments:

Post a Comment