Bupati Wajo Kembali Sampaikan Harapannya Kepada Tim Pokja PUG - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, October 07, 2021

Bupati Wajo Kembali Sampaikan Harapannya Kepada Tim Pokja PUG



WAJO, SULSEL - Meskipun baru saja menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya Tahun 2020, Namun Bupati Wajo kembali menyampaikan harapannya kepada Tim Kelompok Kerja (Pokja) Pengarustamaan Gender (PUG) Kab. Wajo untuk mengupayakan mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi dalam nominasi tahun 2022.

"Harapan kita bersama pada tahun 2022, Predikat APE yang kita dapatkan bisa meningkat menjadi utama , atau minimal mempertahankan predikat Madya yang sudah ada. Meskipun penghargaan ini bukanlah tujuan utama namun merupakan reward atas kerja keras kita semua dalam mendorong pembangunan Pengarusutamaan Gender Kabupaten Wajo."

Pernyataan tersebut disampaikan Amran Mahmud pada Penguatan Tim Pokja Pengarusutamaan Gender Kabupaten Wajo yang dilaksanakan di Aula Rumah Makan Wiring Galung, Kamis (07/10/2021)

Hal itu dapat terwujud, lanjut Amran Mahmud apabila seluruh stakeholder dapat membangun kekompakan agar selalu solid dan saling berkoordinasi dalam proses perencanaan penganggaran responsive gender secara komprehensif dalam segala lini dan tingkatan.

"Tim Focal Point Pengarusutamaan Gender lah yang menjadi ujung tombak pelaksanaan PUG di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Mereka berperan untuk mengatasi faktor penghambat upaya pencapaian kesetaraan dan keadilan gender, diantaranya adalah kebijakan teknis di berbagai sektor yang belum responsif gender, sumber daya manusia yang belum optimal melaksanakan P U G, lemahnya kelembagaan dan jaringan pengarusutamaan gender, serta beberapa hal lainnya. " Ucap Amran Mahmud

Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa Pertemuan ini menjadi sangat penting, oleh karena didalamnya akan dijelaskan tentang Kelembagaan Penggerak PUG di Daerah, Strategi percepatan PUG melalui strategi Pengembangan dan Penguatan Kelembagaan PUG.

"Untuk itu saya minta seluruh peserta pertemuan dapat mengikuti dan menyimak dengan baik seluruh materi yang disampikan pada hari ini. Dan yang paling penting adalah bagaimana penerapan atau aplikasi dari materi yang kita terima hari ini" harapnya.

Sementara Wakil Bupati Wajo, Amran menyampaikan bahwa Dinas Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Kabupaten Wajo sebagai Unit Kerja Pemerintah Daerah yang mempunyai satu tugas dan fungsi memfasilitasi Penyelenggaraan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Wajo sehingga perlu melaksanakan suatu program keserasian kebijakan peningkatan kualitas anak dan perempuan dengan melakukan suatu kegiatan Pengembangan dan Penguatan Kelembagaan PUG.

"Tentu harapan kita bahwa apa yang disampaikan Bapak Bupati tadi untuk Wajo tetap bisa muncul dalam nominasi penerima Penghargaan APE tahun 2022 bisa terwujud. Minimal mempertahankan predikat Madya, tapi harapan kita bisa meningkat ke Utama. Ini menjadi tugas Dinas Sosial untuk mengupayakan dan mengkoordinir prosesnya beraama stake holder terkait" Harapnya.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua bersama anggota Tim Pokja PUG Kab. Wajo, Narasumber dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Prov. Sulsel, Aryani Aruji, SE,MM dan Ibu Syathri Fithrah Abdul Latif dan stake holder terkait lainnya. (Red)

Editor: M.Amran Mallala.

No comments:

Post a Comment