Tingkatkan Penerapan Program P2L, Anggota Brimob Bone Ikuti Pelatihannya di Kodim 1407 Bone - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, September 02, 2021

Tingkatkan Penerapan Program P2L, Anggota Brimob Bone Ikuti Pelatihannya di Kodim 1407 Bone



BONE - Di masa pandemi Covid 19 saat ini ketahanan pangan suatu daerah dapat menjadi kunci penyelamat perputaran roda kehidupan apabila sewaktu-waktu keadaan semakin memburuk. Dengan kemandirian pangan ini, masyarakat dapat memenuhi segala kebutuhan pokok tanpa harus mendatangkannya atau mencarinya hingga keluar wilayah yang tentunya memerlukan biaya lebih serta beresiko terpapar Covid 19.

Untuk menjawab tantangan tersebut, TNI-POLRI beserta pemerintah merancang program Pekarangan Pangan Lestari ( P2L) yang dimulai dari lingkungan kerja masing-masing. Di Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, untuk meningkatkan program P2L tersebut Kodim 1407 Bone bekerja sama dengan Pemda Bone menggelar kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM di Daerah Rawan Pangan Prioritas I dan II.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari mulai tanggal 02 hingga 03 September 2021 tersebut dilaksanakan di 2 tempat yaitu di Makodim 1407 Bone dan di Desa Lampoko Kecamatan Barebbo. Pada kegiatan ini Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel mengirimkan 5 utusan personel untuk mengikuti kegiatan pelatihan yang dibuka oleh Dandim 1407 Bone Letkol Kav. Budiman,SH.

Menurut keterangan Komandan Batalyon ( Danyon ) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel Kompol Nur Ichsan,S.Sos. keikutsertaan personel Brimob Bone dalam kegiatan pelatihan ini ialah meningkatkan dan menyebar luaskan ilmu penerapan program P2L di sekitar lingkungan Batalyon C Pelopor.

" Untuk program P2L ini telah kami terapkan di area Mako Batalyon C Pelopor sejak beberapa waktu yang lalu, hasil dari P2L ini pun telah dirasakan oleh anggota dan masyarakat sekitar Mako. Karena manfaatnya yang besarnya kami sangat mendukung kegiatan pelatihan peningkatan P2L yang diselenggarakan oleh Kodim 1407 Bone ini dengan mengirim personel untuk mengikuti kegiatan tersebut. Melalui program ini kami berharap kepada personel yang telah mengikuti kegiatan tersebut dapat memberikan dan menerapkan ilmu yang diterima kepada lingkup masyarakat yang lebih luas," ungkap Kompol Nur Ichsan ( Kamis, 02/09/21 ).

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan pelatihan yang juga dihadiri oleh Kadis Ketapang Kabupaten Bone Andi Asman Sulaiman, S.Sos., M.M  tersebut diantaranya materi tata cara efisien penggunaan lahan sempit, penerapan tata cara bercocok tanam dan perawatan hewan ternak yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bone, materi pengolahan pangan dan pendistribusiannya yang disampaikan oleh pemateri dari Dinas Perindustrian Bone. (Red)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment