Peduli Lingkungan yang Sehat, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Tuesday, September 28, 2021

Peduli Lingkungan yang Sehat, Satgas TMMD Gelar Penyuluhan



PINRANG, SULSEL - Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa ke 112 Kodim 1404/Pinrang bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang gelar penyuluhan lingkungan hidup dan kehutanan. Penyuluhan dilaksanakan di Gedung PKK Kecamatan Batulappa Kabupaten Pinrang dengan menghadirkan nara sumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pinrang yang diwakili oleh Ir Barahman (penyuluh kehutanan madya), (28/09/2021).

Pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup memang telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita yang sangat diyakini juga memberi manfaat bagi kita semua. Mewujudkan hal tersebut serta untuk lebih meningkatkan pemahaman terhadap pelestarian alam lingkungan, maka Satgas TMMD Ke 112 Kodim 1404/Pinrang menggelar penyuluhan lingkungan hidup yang merupakan rangkaian pelaksanaan sasaran non fisik TMMD.

Pembawa materi (Ir Barahman) menjelaskan bahwa kondisi lingkungan alam di lokasi TMMD di Kecamatan Batulappa masih sangat terjaga baik dan lestari. Alam lingkungan desa secara umum yang merupakan wilayah perkebunan masih terlihat hijau, udaranya segar sebagai wujud dari bagaimana melestarikan dan memuliakan alam oleh para penghuni atau manusia yang mendiami wilayah tersebut.

Ia menambahkan bahwa usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita bersama. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat.

"Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini : Melakukan pengolahan tanah sesuai kondisi dan kemampuan lahan. Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan. Melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang kritis, tandus dan gundul, serta melakukan sistem tebang pilih atau tebang tanam agar kelestarian hutan, sumber air dan fauna yang ada di dalamnya dapat terjaga. Menciptakan dan menggunakan barang-barang hasil industri yang ramah lingkungan dan melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap perilaku para pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH) agar tidak mengeksploitasi hutan secara besar-besaran", Tutup Ir Barahman.

Sementara itu saat dihubungi awak media, Dan SSK TMMD Kapten Inf Zakir menuturkan penyuluhan lingkungan hidup diberikan kepada warga merupakan wujud kepedulian TNI dalam memelihara dan melestarikan alam bagi keberlangsungan kehidupan manusia. Pentingnya wawasan tentang lingkungan hidup mengingat kerusakan lingkungan terjadi akibat ulah tangan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab dalam memanfaatkan sumber daya alam demi kepentingan pribadi.

“Apabila perusakan lingkungan hidup terus menerus dibiarkan maka kualitas hidup akan semakin menurun dan tentunya bisa berdampak terhadap bencana alam, oleh karena itu perlu adanya upaya pelestarian lingkungan agar lingkungan sekitar kita tetap terjaga sampai anak cucu”, terang Dan SSK. (Nsn)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment