Patut Dicontoh, Pemkab Wajo Gelar Vaksinasi Massal untuk Pelajar - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Wednesday, September 08, 2021

Patut Dicontoh, Pemkab Wajo Gelar Vaksinasi Massal untuk Pelajar



WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo terus memasifkan vaksinasi Covid-19 demi mempercepat terciptanya kekebalan komunal atau herd immunity. Salah satu fokusnya saat ini adalah usia 12-17 tahun atau remaja, khususnya pelajar.

Data terakhir dari Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, tercatat realisasi vaksinasi Wajo hingga saat ini mencapai 74.047 orang untuk dosis pertama dan 37.336 orang untuk dosis kedua, dari total target 300.814 orang.

Dalam dua pekan terakhir ini, vaksinasi diprioritaskan untuk usia 12-17 tahun atau remaja. Terlebih Wajo mulai melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) sejak Senin (6/9/2021). Biar begitu, vaksinasi untuk 
umum juga tetap digencarkan.

Rencananya, akan dilaksanakan vaksinasi massal dalam waktu dekat ini dengan prioritas untuk usia 12-17 tahun. Dinas Kesehatan (Dinkes) Wajo dibantu tuan rumah SMA Negeri 3 Wajo bersama jajaran perangkat daerah lain dan Bagian Sekretariat (Setda) Wajo, tengah mempersiapkan segala sesuatunya.

Persiapan itu meliputi lokasi pelaksanaan vaksinasi massal, pengaturan untuk mengurai kerumunan, termasuk ketersediaan vaksin serta ketersediaan tenaga kesehatan (nakes).

Jika tidak ada aral melintang, pelaksanaan vaksinasi massa kali ini direncanakan akan dikunjungi oleh orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama Wakil Bupati Wajo, Amran, serta Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna, pun turut meninjau persiapan pelaksanaan vaksinasi massal ini.

Amran Mahmud berharap pelaksanaan vaksinasi bisa diatur sedemikian rupa agar berjalan lancar serta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Vaksinasi memang kita masifkan guna mendapatkan kekebalan yang menyeluruh bagi masyarakat Wajo. Vaksinasi adalah ikhtiar kita agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19," ucap Amran Mahmud.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Wajo, Andi Sumange Alam, menjelaskan saat ini ada 25.000 dosis tersedia untuk kelanjutan pelaksanaan vaksinasi di Wajo.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi massal yang direncanakan dalam waktu dekat ini, ditargetkan 5.000 pelajar yang akan mengikuti vaksinasi secara massal yang tersebar di 22 lokasi," kata Andi Sumange.

Andi Sumange melanjutkan, pelaksanaan vaksinasi massal akan dipusatkan di SMA Negeri 3 Sengkang yang akan terhubung dengan titik lainnya sehingga pelaksanaannya bisa terpantau.

"Untuk menghindari kerumunan, pelaksanaan vaksinasi massal dibagi dalam 22 lokasi yang ditunjuk oleh masing-masing PKM (pusat kesehatan masyarakat/puskesmas), yaitu wilayah gedung sekolah tingkat SMA dan SMP," jelasnya.

Khusus untuk di lokasi SMA Negeri 3 Wajo, lanjutnya, dibuat pengaturan agar yang berada di dalam tenda atau lokasi pemberian vaksinasi dibatasi 50 orang saja.

"Kita siapkan tenda ukuran besar. Jadi di bawah tenda itu hanya 50 orang sasaran saja. Untuk sasaran yang lain diatur agar tetap berada di wilayah sekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," tuturnya. (*)

Daftar lokasi tempat vaksinasi massal
1. Puskesmas Tempe, Puskesmas Salewangeng dan Puskesmas Pattirosompe di SMA Negeri 3 Wajo
2. Puskesmas Wewangrewu
3. Puskesmas Takkalalla di SMAN 11 Wajo
4. Puskesmas Pitumpanua di SMAN 6 Wajo
5. Puskesmas Sabbangparu di SMKN 6 Talotenreng
6. Puskesmas Keera di SMAN 12 Wajo
7. Puskesmas Sappa di SMAN 5 Wajo
8. Puskesmas Liu di SMPN 2 Sabbangparu
9. Puskesmas Salobulo di SMPN 2 Sajoanging
10. Puskesmas Majauleng di SMAN 2 Wajo
11. Puskesmas Maniangpajo di SMAN 4 Wajo
12. Puskesmas Belawa di MAN Wajo
13. Puskesmas Parigi di SMPN Satap 5 Takkalalla
14. Puskesmas Tanasitolo SMKN 1 Sengkang
15. Puskesmas Pammana di SMAN 9 Wajo
16. Puskesmas Solo di SMPN 1 Bola
17. Puskesmas Tosora di SMPN 2 Majauleng 
18. Puskesmas di  SMPN 1 Sajoanging
19. Puskesmas Lempa di SMPN 5 Pammana
20. Puskesmas Gilireng di SMPN 1 Gilireng
21. Puskesmas Penrang di SMAN 8 Penrang
22. RSUD Lamaddukkelleng. (*)

Laporan: M.Amran Mallala,
Editor: A.Mappatoto, SH,.MH,/Yuni.

No comments:

Post a Comment