Pemkab Wajo Terus Dorong Warga Tanam Pohon Produktif, Selain Jaga Alam Juga Ada Nilai Ekonomi - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Friday, August 20, 2021

Pemkab Wajo Terus Dorong Warga Tanam Pohon Produktif, Selain Jaga Alam Juga Ada Nilai Ekonomi



WAJO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo melalui Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) serius menyikapi isu pemanasan global dan perubahan iklim. Salah satu program yang kini digencarkan adalah penanaman Sejuta Pohon. 

Bupati Wajo, Amran Mahmud, pun mengajak masyarakat menjaga keseimbangan alam dengan menggalakkan penanaman pohon untuk menghijaukan kembali lahan kritis. 

Hal itu diserukan Amran Mahmud saat penanaman pohon di Desa Mallusesalo, Kecamatan Sabbangparu, Jumat (20/8/2021). "Kita terus mendorong dan mengajak masyarakat untuk menjaga keseimbangan alam dengan menggalakkan penanaman pohon," ujarnya. 
 
Pada kesempatan itu, Amran Mahmud didampingi Kepala DLHD Wajo, Andi Muhammad Baso Iqbal, menanam bibit tanaman produktif, yakni nangka dan cempedak. 

Amran Mahmud menambahkan, program penanaman Sejuta Pohon di samping sebagai upaya penghijauan untuk mencegah banjir dan erosi, juga sejalan dengan program pengembangan kawasan pertanian terpadu.

"Karena bibit yang kita tanam ini adalah tanaman produktif, menghasilkan buah dan ada nilai ekonomi sehingga nantinya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Amran Mahmud berharap gerakan penanaman Sejuta Pohon yang digalakkan saat ini bisa memperbaiki ekosistem lahan yang sudah rusak sehingga mampu menjadi penahan air saat hujan. (*)

Editor: M.Amran Mallala.

No comments:

Post a Comment