Bupati Wajo Ajak Warga Biasakan Bergotong-Royong Bersihkan Drainase - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, August 28, 2021

Bupati Wajo Ajak Warga Biasakan Bergotong-Royong Bersihkan Drainase



WAJO - Sebelum melanjutkan kunjungannya ke wilayah yang terdampak banjir, Bupati Wajo Amran Mahmud, menyempatkan waktunya ikut bergotong royong membersihkan drainase di wilayah perkotaan di Kecamatan Tempe, Minggu pagi (29/8/21).

Bersama Satuan tugas (Satgas) Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Wajo dan Kecamatan Tempe yang dibantu jajaran TNI-Polri, Amran nampak membantu para petugas terjun langsung melakukan pembersihan. Seperti di Kelurahan Maddukkelleng.

Amran Mahmud menuturkan, giat membersihkan drainase dari tumpukan sampah sebagai salah-satu upaya menanggulangi banjir, agar aliran air bisa lebih lancar dan tidak meluap lagi jika hujan deras datang.

"Langkah ini dilakukan sebagai upaya agar sejumlah aliran air bisa lebih lancar sehingga tidak lagi mengakibatkan banjir karena meluap akibat tersumbat sampah. Saya himbau masyarakat untuk tetap waspada," ungkapnya.

Amran yang didampingi Camat Tempe, Supardi,  Kapolsek Tempe, AKP Abd. Rahman dan Danramil Tempe, Kapten Baharuddin, menambahkan, kebiasaan bergotong-royong harus digalakkan. Sebab jika hanya mengandalkan petugas kebersihan, maka tidak akan cukup. 

Karena itu, masyarakat harus sadar dan harus peduli terhadap penanganan sampah, utamanya tidak membuang sampah  di sembarangan tempat, seperti di drainase karena dapat mengakibatkan banjir.

Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga dan membersihkan drainase di lingkungannya masing-masing agar arus air menjadi lancar. Bila drainase mulai tersumbat, segera dibersihkan atau melaporkan ke petugas, agar jika hujan deras mengguyur air mejadi lancar.

Khusus langkah yang bakal ditempuh Pemkab Wajo, Amran Mahmud sudah memerintah dinas terkait untuk segera melakukan pembenahan drainase.

"Kemarin saya sudah perintahkan Dinas PUPR untuk melaukan pembenahan drainase. Kita upayakan untuk pelebaran drainase untuk wilayah Kelurahan Maddukkelleng ini. " pungkasnya. (*)

Editor: M.Amran Mallala.

No comments:

Post a Comment