Bermodalkan PBB, Disinyalir Warga Kupa Timbun Pantai - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Tuesday, August 24, 2021

Bermodalkan PBB, Disinyalir Warga Kupa Timbun Pantai



BARRU -  Maraknya penimbunan pantai sepanjang jalan poros negara tepatnya di Desa Kupa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru beberapa waktu lalu menjadi tanda tanya .

Pasalnya masih segar dalam ingatan,kasus penimbunan pantai yang dilakukan AKBP Burhaman eks Kapolres Barru,kemudian oleh negara dijerat dalam kasus reklamasi pantai.

Tentunya hal ini patut dijadikan acuan dan contoh bagi warga pendatang yang kemudian berdomisili disekitar pantai Desa Kupa dalam melakukan kegiatan ataupun aktifitas terkait lahan ataupun aset negara.

Sementara itu upaya penegakan hukum dan penertiban bagi bangunan warga yang tidak memiliki izin bangunan maupun izin penggunaan lahan negara oleh pemerintah nyaris tidak ada dan menjadi tanda tanya.

Bahkan Kepala Desa Kupa Suardi Haruna SE yang ditemui (23/8) di area pantai Kupa juga memilih irit bicara.

"Saya tidak tahu itu warga yang menimbun pantai,tapi mereka memiliki PBB,dan izinnya mungkin untuk lokasi bangunan hatcery,"jelas Suardi.

"Sebab rata-rata area di situ hatcery seperti benur kita.memang ini juga yang menjadi dilema bagi kami pemerintah Desa,sebab tidak ada kewenangan kami,untuk izin"bebernya.

"Nah terkait pantai kebetulan juga BPD Desa Kupa baru dilantik,rencana hal ini juga akan saya bicarakan apakah kita buatkan perdes terkait penataan pantai Kupa,"tandasnya.

"Namun tetap saya akan berkoordinasi dulu dengan Dinas Kelautan terkait hal ini sebab kewenangan pantai dan laut ada disana,"Kunci Suardi. (Amril)

No comments:

Post a Comment