Derasnya Hujan, Sejumlah Wilayah Tanasitolo Dikepung Banjir - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, June 28, 2021

Derasnya Hujan, Sejumlah Wilayah Tanasitolo Dikepung Banjir



WAJO - Hujan deras yang mengguyur wilayah di Kabupaten Wajo mulai sekitar pukul 03.30 subuh , Selasa (29/6/21) mengakibatkan sejumlah titik aliran sungai tidak dapat menampung air hujan, meluap melewati persawahan

. Seperti terjadi di Kelurahan Pincengpute, Kecamatan Tanasitolo.

Pantaun Media di beberapa lokasi air meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi dan durasi hujan yang lama membuat Sungai Bontouse meluap. Akibatnya, sepanjang lima ratus meter ruas jalan poros Sengkang-Pare tergenang, selain itu akibat luapan air, juga merendam fasilitas sekolah dan perkantoran di wilayah tersebut. 

Agus Setiawan, Lurah Pincengpute yang dikonfirmasi mengatakan banjir ini adalah siklus tahunan yang kerap melanda kawasan ini. 

"Selain karena intensitas hujan yang cukup tinggi,  kondisi ini juga diakibatkan pendangkalan Sungai Bontouse serta buruknya sistem drainase sepanjang jalur ini, "ujarnya. 

Menurutnya,  akibat luapan Sungai Bontouse ini selain merendam fasilitas umum,  sejumlah rumah warga serta lahan persawahan terdampak banjir ini. 

Sementara itu,  Sungai Lajokka yang sempat mengalami banjir bandang tiga hari lalu,  akibat hujan yang terjadi sejak pagi sungai yang melintasi empat desa ini kembali meluap, namun tidak separah yang terjadi hari Sabtu 26/6/2021 lalu. 

Anwar, warga Lajokka yang ditemui Media ini mengatakan hingga Pukul 10.00 wita kondisi di Sungai Lajokka masih banjir. 

"Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, mengingat hujan masih turun di daerah hulu,  ditakutkan terjadi lagi banjir kiriman seperti beberapa hari lalu, "katanya. (*)

Editor Amran Mallala

No comments:

Post a Comment