Dankipur 3 Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad Dampingi Bupati Malaka Tinjau Pasar di PLBN Motamasin - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, June 10, 2021

Dankipur 3 Satgas Pamtas Yonarmed 6/3 Kostrad Dampingi Bupati Malaka Tinjau Pasar di PLBN Motamasin



NTT - Dankipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 6/3 Kostrad Lettu Arm Hasli dampingi Bupati Malaka Drs. Simon Nahak S.H., M.H. beserta Rombongan untuk tinjau Pasar dan fasilitas pasar di PLBN Motamasin Desa Alas Selatan, Kecamatan Kobalima Timur,  Kabupaten Malaka, Kamis (10/06/2021).

Kegiatan dimulai pukul 11.05 WITA Bupati dan rombongan tiba di PLBN Motamasin disambut oleh Kaban Perbatasan, dan Kepala PLBN Motamasin beserta staf dengan sapaan adat dan pengalungan selendang.
Dilanjutkan dengan laporan singkat dari Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Bapak Bernardo Seran yang melaporkan tentang fungsi dibentuknya Badan Perbatasan Daerah ini untuk memajukan kawasan di wilayah perbatasan yang sudah menjadi prioritas oleh pemerintah pusat untuk dikelola dan dikembangkan.

Selain itu dalam laporannya, Kepala Badan Pengelola Perbatasan juga melaporkan bahwa Badan pengelola perbatasan berfungsi untuk mengkoordinasikan semua kegiatan di sektor-sektor yang berkaitan dengan pengembangan dan pengelolaan kawasan di perbatasan baik di bidang pertanian, aspek kesehatan, infrastruktur dan lain-lain sedangkan tugas khusus Badan Pengelola Perbatasan adalah memastikan keamanan titik-titik batas yang terletak di 51 km perbatasan laut dan 21 km darat dalam pelaksanaan tugas ini kami selalu berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk memastikan titik-titik batas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat karena itu pada hari ini bapak Bupati dan wakil Bupati berkenan dan untuk melihat Pasar perbatasan Motamasin yang merupakan salah satu bagian yang penting di Kab. Malaka.

Selepas Laporan Kepala Badan Pengelola Perbatasan dilanjutkan dengan Laporan Kepala PLBN Motamasin Reynold Uranyang menyampaikan bahwa Kawasan PLBN dengan luas 18 hektar dan dijaga oleh rekan-rekan TNI, Polri yang selama ini berada di PLBN bertugas selama 24 jam dan memastikan bahwa perbatasan kita aman dari kejahatan lintas negara maupun kegiatan-kegiatan lain yang biasanya terjadi di perbatasan.

PLBN Motamasin terdiri dari zona inti dan penunjang yang dipakai untuk pelayanan lintas batas, tempat keluar masuk orang dan barang. Terdapat dua rest area, dan Wisma Indonesia pasar, sentra kerajinan, kios dalam lainnya.

kepala PLBN Motamasin juga menyampaikan, "Pada tahun 2020 bulan Maret pernah diuji coba pasar tradisional Motamasin bekerja sama dengan dinas perizinan, bidang perdagangan, juga Dinas Perindustrian, dan berjalan sukses.

Pasar di uji coba tersebut dilakukan setiap hari Rabu dengan mengambil jadwal pasar Kada, dimana pedagangnya didominasi oleh pedagang keliling  dari warga lokal yang ada di sini yang menjual hasil kebun untuk itu kami mohon kesediaan bapak Bupati Malaka juga bersama rombongan agar bisa melihat prasarana yang ada di rest area dan PLBN sehingga dengan adanya bantuan dari Pemda, pasar ini mungkin segera bisa kita aktifkan dan ramaikan lagi yang tentunya dengan dukungan dari Bupati", Ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan dari Bupati Malaka, Dalam Sambutannya Beliau mengatakan
 "Situasi Pandemi covid 19 saat ini membuat kita tetap waspada namun melihat fasilitas yang ada tidak bisa kita membiarkan sarana yang ada untuk tidak dijadikan tempat mencari makan minum dan saya hari ini dengan teman-teman sekalian saya hadir ingin melihat secara langsung tempat ini, Saya minta kepada kepala PLBN untuk segera ditinjau dan kembali dibuka dan saya kasih waktu satu minggu komunikasikan kepada saya, karena rencana kita buka kembali tapi dengan pacuan kuda namun tetap mentaati Prokes.
Daerah perbatasan menjadi sorotan, termasuk orang lain yang datang ke sini. Pariwisata diperhatikan supaya kita mulai berpikir untuk bagaimana mempromosikan daerah kita dengan tetap memperhatikan aset dan fasilitas yang ada" Pungkasnya.

Pukul 11.35 WITA Dankipur 3 Lettu Arm Hasli mendampingi Bupati Malaka beserta rombongan untuk meninjau pasar dan fasilitas PLBN Motamasin, pukul 12.30 Bupati beserta rombongan mengakhiri kunjungannya di PLBN yang selanjutnya menuju ke Lokasi Pacuan di Desa Wemasa Kec. Kobalima Timur.

Sementara itu Dankipur 3 dalam Laporannya menerangkan bahwa Tujuan dari dilaksanakannya Kunjungan kerja Bupati Malaka dan Wakil Bupati Malaka beserta rombongan di PLBN  Motamasin untuk melihat secara langsung bangunan yang ada di PLBN dan mengaktifkan kembali Pasar yang ada di PLBN  Motamasin guna mendorong peningkatan ekonomi di wilayah perbatasan.

Kunjungan kerja Bupati Malaka dan Wakil Bupati Malaka beserta rombongan di PLBN Motamasin merupakan hal positif yang dapat di sambut baik oleh masyarakat desa Alas Selatan guna memajukan perekonomian di desa setempat.

Harapan dari Bapak Bupati Malaka kepada Kabid PLBN motamasin agar segera direncanakan dan di laporkan kepada Bapak Bupati dalam satu minggu kedepan serta direncanakan untuk pasar PLBN minimal 1 minggu 3 kali pasar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu 
Wakil Bupati Malaka a.n Louise Taolin S.Sos., 
Plt Kapolres Malaka a.n AKBP Sigit Harimbawa, Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah a.n Bernardo Seran,
Kepala PLBN Motamasin a.n Reynold Uran, Danramil 1605-05/Kobalima a.n Mayor Inf M. Hartono, Dankipur 3 Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonarmed-6/3 Kostrad  a.n Lettu Arm Hasli, Danpos Brimob a.n Aiptu Lino Babu,
Kapolsek Kobalima a.n Iptu Abilio Tefa,
Para Asisten Bupati Malaka, Para Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Masyarakat. (Ydh)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment