Delapan Fraksi Setujui Ranperda Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024 Untuk Dibahas - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, May 27, 2021

Delapan Fraksi Setujui Ranperda Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024 Untuk Dibahas



PINRANG - Delapan Fraksi DPRD Kabupaten Pinrang sepakat menerima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan RPJMD Tahun 2019-2024 untuk dibahas pada tahap selanjutnya, melalui rapat paripurna DPRD Kabupaten Pinrang, Kamis, 27 Mei 2021, Pkl.09.30 wita, bertempat di ruang rapat paripurna.

Dihadiri Bupati Pinrang, A.Irwan Hamid, S.Sos, dan Wakil Bupati Pinrang, Drs.Alimin,M.Si, rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Pinrang, H.Muhtadin didampingi Wakil Ketua, Ir.Syamsuri dan Ahmad Jaya Baramuli, dihadiri Anggota DPRD Pinrang lainnya. Turut hadir, unsur Forkopimda, Sekwan Pinrang, Drs.Cendera Yasin, MM, Staf Ahli, Asisten, para Kepala OPD, para Kabag, Camat, Lurah, LSM dan insan pers.

Sebelum memulai rapat terlebih dahulu Ketua DPRD Pinrang, H.Muhtadin mengajak para peserta untuk membacakan Alfatiha dan doa yang ditujukan kepada Almarhumah Ir.Hj.Sahariyah Lolo, salah seorang Anggota DPRD Kabupaten Pinrang yang telah meninggal dunia beberapa hari yang lalu.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Pinrang, A.Irwan Hamid, S.Sos menjelaskan, Perubahan RPJMD yang dilakukan sekarang ini sesuai dan berdasarkan dengan regulasi yang ada, sebagaimana yang diatur dalam Permendagri Nomor 86 tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD), serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), pasal 342 ayat (1) dan (3) yang substansinya adalah bahwa Perubahan RPJMD dapat dilakukan bila terjadi perubahan yang mendasar. Adapun perubahan mendasar yang menjadi dasar bagi Pemerintah Kabupaten Pinrang melakukan perubahan RPJMD adalah karena terbitnya kebijakan Nasional yang baru dan terjadinya perubahan kebijakan Nasional yaitu : (1) Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN 2020-2024 dan terbitnya Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1 Tahun 2019 tentang RPJMD Provinsi Sulawesi Selatan 2018-2023. (2) Terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang menggantikan Permendagri Nomor 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah serta terbitnya Permendagri Nomor 90 Tahun 2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah. (3) Terbitnya beberapa kebijakan Naional karena adanya pandemi Covid 19.

Lanjut Irwan Hamid, Rancangan Peraturan Daerah Perubahan RPJMD yang telah saya serahkan kepada Pimpinan DPRD, merupakan tahap ke 6 (enam) dari beberapa tahapan dalam Penyusunan Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Pinrang Tahun 2019-2024. Rancangan Peraturan Daerah Perubahan RPJMD ini merupakan penyempurnaan dari Musrenbang RPJMD yang melibatkan berbagai elemen dengan mensinkronkan berbagai masukan yang sesuai dengan visi misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Pinrang Periode 2019-2024. Oleh karena itu saya berharap kepada kita semua untuk meninjau dan menghitung kembali kemampuan kita untuk tetap mampu mencapai visi misi yang telah kita canangkan, target capaian RPJMD dan Program Prioritas yang telah ditetapkan agar dihitung secara maksimal sehingga dapat tercapai di akhir periode RPJMD Tahun 2024.

Dalam proses Perubahan RPJMD ini, sambung Irwan Hamid, tentunya sangat diharapkan agar antara Pemerintah Daerah dan DPRD terus bersinergi dan bekerjasama seoptimal mungkin, sehingga Penetapan Peraturan Daerah Perubahan RPJMD ini dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan, sehingga dokumen Perubahan RPJMD ini dapat digunakan dalam Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2022.

Adapun kedelapan Fraksi DPRD Kabupaten Pinrang yang dibacakan jurubicaranya yakni; Pandangan Umum Fraksi Golkar, dibacakan oleh Hj.Rusnah. Pandangan umum Fraksi PPP dibacakan oleh H.Sahabuddin. Pandangan umum Fraksi PKB dibacakan oleh Sariansa Bin Mappetani, S.Pd. Pandangan umum Fraksi Nasdem dibacakan oleh Kamaruddin Paturusi, SH.,MH. Pandangan umum Fraksi Berkarya dibacakan oleh Hj.Ratna Arifin. Pandangan Umum Fraksi Demokrat oleh A.Muhammad Ramdhani. Pandangan Umum Fraksi GAP dibacakan oleh jurubicaranya, Abdul Waris Muin, dan Pandangan umum Fraksi PDI P, dibacakan oleh Andi Aan Nugraha. (Humas DPRD/ A.Jamro)

Editor: A2W

No comments:

Post a Comment