Membentuk Karakter generasi muda Papua sejak dini, Satgas TNI Yonif 756/WMS mengajar di Pedalaman Papua - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, April 01, 2021

Membentuk Karakter generasi muda Papua sejak dini, Satgas TNI Yonif 756/WMS mengajar di Pedalaman Papua



TIMIKA - Dalam rangka membentuk sikap jasmani yang tegap dan tangkas, disiplin dan kekompakan, loyalitas dan kepedulian, serta rasa tanggung jawab sejak dini, Satgas Pamrahwan Yonif 756/WMS yang berada di bawah Kolakops Korem 174/ATW kembali mengajar Peraturan Baris Berbaris pada Murid di Sekolah Dasar (SD) Omponi/Aroanop Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika.

Hal tersebut seperti disampaikan Dansatgas Pamrahwan Yonif 756/WMS Letkol Inf Marolop Edison Bala Hutapea, M. Han dalam rilis tertulisnya di Timika, Papua(01/04/2021).

"Melatihkan materi PBB pada Siswa Sekolah Dasar bertujuan untuk melatih fisik dan kekompakan serta menumbuhkan rasa tanggung jawab pada Siswa sejak dini. PBB juga sangat bermanfaat untuk melatih konsentrasi, belajar mendengar dan patuh pada pemimpin serta mengontrol emosi seseorang", kata Dansatgas.

Lanjut dikatakan Dansatgas, Sekolah Dasar Omponi/Aroanop merupakan salah satu Sekolah yang berada pada wilayah terpencil di daerah Pegunungan Papua Timika. Untuk sampai ke wilayah tersebut harus ditempuh dari Kota Timika dengan menggunakan Jasa Angkutan Udara (Pesawat). Keterbatasan akses Transportasi tersebut menjadi salah satu persoalan tersendiri dalam upaya memajukan Potensi wilayah termasuk di dalamnya sektor Pendidikan.

"Untuk mengatasi persoalan tersebut, Personel pos kami di Aroanop berinisiatif memberikan bantuan bimbingan pengajaran pada siswa siswi SD Omponi/Aroanop. Disamping untuk membantu para guru, hal tersebut merupakan bagian dari upaya kami Prajurit TNI dalam mendukung Program Pemerintah dalam hal mencerdaskan kehidupan Bangsa ", ujarnya.

Lanjutnya, "Kami berharap dengan bekal Pengetahuan yang kami ajarkan, dapat berguna dan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari. Disamping itu dengan modal Pengetahuan tersebut, dapat mereka gunakan untuk mendaftar menjadi Prajurit TNI yang memang membutuhkan Disiplin yang tinggi, sikap Tegas dan Loyalitas ", ungkap Letkol Hutapea.

Danpos Aroanop Letda Inf Laode M Jafar yang sekaligus memimpin dan memberikan Pelajaran tersebut mengatakan,
"Kegiatan dilakukan selama dua hari dimulai pada hari Rabu 31/03/2021 dan Kamis 01/04/2021, untuk materi teori diajarkan dalam ruangan kelas dan Praktek di luar kelas (Lapangan Upacara)", terangnya. 

Kegiatan dimulai dengan mengingatkan kembali pada para siswa untuk selalu berupaya hidup Sehat dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak agar terhindar dari penyebaran dan penularan virus covid-19. Sementara untuk materi yang diberikan meliputi, penghormatan, balik kanan, lencang kanan, lencang depan, hadap Kanan/Kiri.

Kepada Sekolah SD Omponi/Aroanop Bapak Philipus Lefteuw, S.Pd mengucapkan terima kasih pada Pos Aroanop Satgas Yonif 756/WMS yang sudah hadir dan membantu para Guru memberikan Pelajaran PBB pada murid mereka. 

"Saya berharap, semoga setelah menerima Pelajaran ini, para murid akan semakin memiliki sikap mental yang baik untuk menunjang masa depan mereka dikemudian hari", ungkapnya. (*)

Pensatgas756,
Editor: A2W

No comments:

Post a Comment