Jalan Poros Desa Amola Sampai Desa Kaleok Rusak Parah ,Warga menjerit. - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, March 27, 2021

Jalan Poros Desa Amola Sampai Desa Kaleok Rusak Parah ,Warga menjerit.



POLAMAN - Sannung salah satu toko masyarakat di tanete, desa Amolah kecamatan Binuang kab.polman sulbar pada 26/3/2021.

Mengeluh dan mengungkapkan bahwa jalan poros amola sampai ke perbatasan desa kaleok ini sudah terlalu lama rusak para,aspal dan cornya sudah banyak yang retak, hancur,dan bahkan sudah banyak kelihatan tinggal batu batu besar kaya bola takrow dan lubang memanjang,memotong terbentuk seperti kolam dan aliran sungai di badan jalan.kata sannung

Dikatakan bahwa sejak jalan ini di kerja, belum pernah ada perawatan atau perbaikan makanya seperti ini,jadi kalau melintas di jalan ini tidak hati hati bisa jatu,apa lagi kalau ibu hamil mudah atau hamil tua lewat di jalan ini bisa melahirkan paksa di jalan,karena seringnya masuk lubang para. 

Lanjut bahwa kita saja  bukan orang hamil kalau sudah melewati jalan dari buttu bannang sampai ke perbatasan desa kaleok biasa sakit belakang,pinggang dengan perut, karena sulit untuk menghindari lubang apa lagi kalau musim hujan, jalan licin mau menghindari lubang itu lebih bahaya,sedikit saja ban terpelesat  bisa keluar dari badan jalan,hanya dua kemungkinan,hamtam pinggir gunung atau jatu ke jurang.jadi masih lebih aman masuk kelubang, walaupun sudah tahu lubangnya dalam.

Lebih lanjut Dikatakan bahwa sebenarnya jalan rusak para dari buttu bannang sampai keperbatasan desa kaleok tidak terlalu panjang,mungkin hanya sekitar 6 km,tapi kalau ini di biarkan tidak di perhatikan untuk segera di perbaiki oleh pemerintah maka semakin lama semakin rusak dan semakin membuat masyarakat di dua desa ini menderita,iya itu warga desa Amola dan warga desa Kaleok .

Masyarakat desa kaleok dan Amola ini mayoritas berprofesi sebagai petani,dan  jalan ini adala akses keluar masuk warga untuk mengangkut hasil pertanian mereka,sehingga mereka sangat resa dan menderita saat kondisi jalan seperti ini, rusak.

Sepertinya belum ada kedengaran upaya pemerintah, baik pemerintah desa maupun pemda untuk segera melakukan perbaikan di jalan ini. 

Maka kami atas nama toko masyarakat, mewakili masyarakat meminta dan mendorong pemerintah desa Amola kerja sama dengan pemerintah desa Kaleok agar melakukan upaya mendesak pemda polman dalam hal ini Dinas PU untuk segera mengambil langka agar jalan ini bisa di perbaiki,karena kalau di biarkan semakin lama semakin para dan semakin membuat warga sengsara.tutup Sannung mantan kadus tanete. 

Di konfirmasi ketua KPK Tipikir sulbar Suardi Y. Kutana lewat telepon 22/3/2021 di Mamuju,Mengatakan bahwa sebagai lembaga mitra kerja pemerintah,sangat respon ketika ada temuan atau masukan dari masyarakat ,maka  langka awal yang kita bisa lakukan adala memberikan informasi dan mendorong pemerintah desa dan pemda polman atau dinas terkait untuk segera berkordinasi dan bertindak demi pemerataan pembangunan. (Odding /Salman)

Editor: A.Mappatoto, SH.MH

No comments:

Post a Comment