Dinas Koperasi Mateng Melaksankanan Pengukuhan KSU Emas Putih dan KSU Syariah Mandiri - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Wednesday, November 04, 2020

Dinas Koperasi Mateng Melaksankanan Pengukuhan KSU Emas Putih dan KSU Syariah Mandiri



MAMUJU TENGAH - Pengukuhan dan pelantikan pengurus KSU Emas Putih Manakarra di Mamuju Tengah di bawah pimpinan H. Andi Azis. S. Ag. dan KSU Syariah Mandiri di bawah pimpinan H. Abd Hamid, Jz, S. Ag. M Pd. I. Kamis (5/10)

Pengukuhan di laksanakan di kantor KSU Emas Putih Manakarra Mateng ( Rumah pribadi H Andi Azis) jalan poros Tumbu Desa Topoyo, Kecamatan Topoyo, Kab. Mamuju Tengah Sul-Bar.

Hadir dalam pengukuhan itu Kadis Koperasi diwakili Kabid, Husni Husain. Memberikan pemahaman tentang apa itu Koperasi, bagaimana usaha koperasi, ijin dan sistem pelaporannya seperti apa ? semua di Jelaskan.

Selanjutnya pengukuhan dan pelantikan pengurus KSU di bacakan oleh Kabid Koperasi dan di saksikan secara bersama- sama oleh pengurus, anggota dan tamu undangan.

Di hadiri Kepala Desa Topoyo Masri S. Pd.I, Camat Topoyo di wakili (Sutoyo S Pd ) pimred media Mui (Rusli R) Sekertaris KPK Tipikor Mateng,(Salman) Pengurus Ketua Sekertaris dan Bendahara masing-masing Koperasi dan para anggota serta tamu undangan yang hadir dalam acara itu.

Kepala Desa Topoyo, Masri, S. Pd I. dalam sambutannya menyampaikan dukungan dan apresiasi dengan adanya usaha yang sudah berbentuk Koperasi di wilayahnya.

Lebih lanjut Masri mengatakan bahwa ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami selaku pemerintah Desa, adanya usaha pak Haji andi azis dan ibu hajja zaenab yang sudah berjalan bahkan sudah di lengkapi dengan badan hukum Koperasi. Ini suatu kemajuan luar biasa di wilayah kami. Lanjut pade, sehingga tidak ada alasan kami untuk tidak membantu dalam hal pengurusan perijinan dll, apa lagi usaha pa H Andi Azis ini mungkin baru satu satunya di Mamuju Tengah bahkan mungkin baru di Sul-Bar, usaha pencucian/ pembersihan sarang burung Walet ini.

Sambutan di lanjutkan oleh Ketua koperasi menyampaikan bahwa kegiatan pengukuhan ini penting, karena kami ini bukan Koperasi abal-abal, usaha kami sudah berjalan, kami berharap dengan hadirnya ke dua Koperasi ini dapat memperbaiki simtem UMK yang ada di Mamuju Tengah, sekarang ini bukan tidak baik tapi kita berusaha akan membuat lebih baik lagi kata pa haji.

Lebih lanjut ketua koperasi menyampaikan bahwa usaha kami ini sudah berjalan sekitar 2 (dua) bulan, memang kami tidak fokus pada usaha simpan pinjam, kalau KSU syariah mandiri kami fokus di usaha sembako dengan sistem penjualan secara syariah.

Sedangkan KSU emas putih Manakarra ini di bawah pimpinan H andi azis sementara masih fokus di usaha pencucian / pembersihan sarang burung walet, saat ini baru memiliki 25 orang karyawan, Insya Allah kedepan akan bertambah.

Misi dari Koperasi ini adalah untuk membangun ekonomi masyarakat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan, memberdayakan tenaga kerja lokal dalam arti menciptakan lapangan kerja agar dapat mengurangi penggangguran, sementara ini kami punya kontrak dengan PT di jakarta, jadi kami hanya bisa melayani permintaan lokal/ masyarakat yang minat barang yang sudah kami olah itu hanya 25%.

Selain sarang burung Walet produksi gedung sendiri kami juga membeli sarang walet dari masyarakat untuk kami olah, harga pembelian 13 juta/1kg, kalau habis di olah di bersikan di beli perusahaan di jakarta dengan harga 25 juta/1kg. "Ini lah sementara yang kami kerjakan" kata H Andi Asiz ketua KSU Emas Putih Manakarra. (Salman)

Editor: A2W.

No comments:

Post a Comment