Terima Kasih Pak Tentara, Sekarang Saya Punya Rumah - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, July 02, 2020

Terima Kasih Pak Tentara, Sekarang Saya Punya Rumah


KOLAKA, ZONATIPIKOR.com - Bertahun tahun rumah warga itu tak bisa dihuni lantaran pemiliknya yang kesehariannya hanya berprofesi sebagai nelayan kecil tak mampu menyelesaikan pembangunan rumahnya kendati hanya bermaterial dari kayu dan seng. Sebagai nelayan kecil yang penghasilan dari melautnya hanya cukup buat kebutuhan makan keluarga mustahil bisa membangun rumah yang bisa dikatakan layak huni.

Seiring dengan waktu, nampaknya lelaki bernama Mustakim warga Kampung Bajo Kalurahan Anaiwoi Kecamatan Tanggetada Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara itu bak ketiban bulan saat Satuan Tugas Tentara Manunggal Masuk Desa (Satgas TMMD) ke 108 tahun 2020 yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 1412/Kolaka memilih rumahnya sebagai salah satu sasaran perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) di wilayah tersebut.

Saat ditemui Mustakim mengakui bahwa memang selama ini rumah miliknya tersebut terbengkalai lantaran kesulitan ekonomi dalam memperbaikinya. Beruntung kata dia, pihak TNI melalui program TMMD memilih rumahnya sebagai salah satu dari 30 rumah warga kampung Bajo yang diperbaiki saat ini.

“Alhamdulillah akhirnya rumah kami bisa diperbaiki sehingga sebentar lagi kami bisa tinggal dengan layak di rumah ini. Seadainya bukan TNI, mungkin rumah ini belum bisa seperti ini sekarang. Karena terus terang sebagai nelayan berpenghasilan pas-pasan kami sangat kesulitan ekonomi dalam memperbaikinya. Terima kasih pak tentara atas kerja kerasnya dalam memberikan perhatian kepada kami masyarakat,” kata Takim.

Kopda  Ali Subekti, Satgas TMMD  yang memimpin pekerjaan perbaikan rumah milik Mustakim mengatakan bahwa ada 5 orang Satgas bersama 4 orang masyarakat yang bekerja dirumah tersebut. Saat ini kata dia tim baru mengerjakan pemasangan balok lantai rumah. Selanjutnya akan dilakukan pemasangan papan lantai.

“hari kedua ini kita baru mengerjakan pemasangan balok untuk alas lantai, setelah kemarin tiang dan kuda-kuda rumah sudah dipasang. Insya Allah kami targetkan rumah pak Mustakim ini telah bisa ditempati sebelum TMMD ini berakhir,” terang Kopda  Ali Subekti. (Nhn)

Editor: A2W.

No comments:

Post a Comment