Kodim 1428/Mamasa Dapat menjalin Hubungan Kerjasama yang Baik dengan Forkofimda, Ini Harapan Danrem 142/Tatag - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Saturday, July 04, 2020

Kodim 1428/Mamasa Dapat menjalin Hubungan Kerjasama yang Baik dengan Forkofimda, Ini Harapan Danrem 142/Tatag


MAMASA, ZONATIPIKOR.com -  Dengan terbitnya Undang - undang Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2002 tentang pembentukkan Kabupaten Mamasa dan Kota Palopo, secara administratif Mamasa telah berdiri sendiri menjadi sebuah Kabupaten, dimana pada awalnya Mamasa dibawah Pemerintahan Kabupaten Polewali Mamasa yang saat ini bernama Polewali Mandar.

Luas Wilayah 2.759,23 km2 dengan Jumlah penduduk 159.201  jiwa, mata pencarian sebahagian penduduk Mamasa dari pertanian berupa padi, jagung, ubi, kacang tanah dan lain lain,  sedangkan perkebunan kopi dan kakao yang dikelola secara tradisional.

Undang - undang No. 11 tahun 2002 yang secara administratif memisahkan 2 Kabupaten yang dulunya menjadi satu, sedangkan  Instansi vertikal masih berada di Kab. Polewali Mandar termasuk Kodim 1402/Polmas sebagai Komando kewilayahan.

Seiring perjalanan waktu dengan pertimbangan strategis oleh pimpinan TNI - AD  di Kabupaten Mamasa dibentuk satu Kodim sebagai Komando Kewilayahan.

Menurut Bupati Mamasa DR. Ramlan Badawai, 18 tahun Pemerintah Daerah dan masyarakat Mamasa dalam penantian berdirinya Kantor Kodim dibumi  Kondosapata Uwai Sappalelean.

" Hari ini bagaikan mimpi yang nyata, karena sudah sekian lama Rakyat Mamasa dan Pemerintah Daerah bermimpi dan bermimpi untuk ada Kodim di Kab. Mamasa " hal ini disampaikan Bupati DR. H.Ramlan Badawi ketika hadir pada peresmian Kodim 1428/Mamasa pada hari Jum'at 3 Juli 2020 oleh Danrem 142/Tatag

Bupati juga berjanji dihadapan awak media bahwa tahun 2021 lahan Koramil Mamasa akan disiapkan oleh Pemerintah Daerah Mamasa.

Dihadapan Bupati Mamasa, tamu dan undangan, Danrem 142/Tatag  mengatakan, Kodim 1428/Mamasa ini tidak terwujud begitu saja, tetapi dibangun dengan biaya yang cukup besar, oleh karena itu dalam penggunaannya hendaknya selalu dipelihara dan dirawat sebaik baiknya sehingga memiliki usia pakai  yang lebih lama.

Danrem 142/Tatag Brigjen TNI Firman Dahlan, S.I.P berharap, agar  keberadaan Kodim yang baru ini dapat menjalin  kerjasama yang baik dan harmonis dengan Forkopimda serta seluruh elemen masyarakat diwilayah ini.

" Saya titip Kodim 1428/Mamasa ini kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Mamasa, Kodim ini dibangun untuk menjaga stabilitas keamanan dan membantu segala kesulitan Rakyat diwilayah ini " kata Danrem.

Kapenrem 142/Tatag Mayor Inf. Ahmad T, S.Sos.M.Si dalam rilis tertulisnya kepada awak media hari ini Sabtu 4 Juli 2020 mengatakan, Kodim 1428/Mamasa yang baru saja diresmikan oleh Danrem 142/Tatag, saat ini dinahkodai oleh Plt. Letkol Inf. Andi.M.Aras, SE memiliki 4 Koramil jajaran yang berada di tingkat Kecamatan.

" Saat masih menyatu dengan Kodim 1402/ Polmas terdapat 8 Koramil, 4 Koramil berada di Wilayah pantai dan 4 Koramil berada diwilayah pegunungan " kata Ahmad.

"Ketika Kodim 1428/Mamasa diresmikan secara otomatis 4 Koramil yang berada diwilayah pegunungan masuk Koramil jajaran Kodim 1428/Mamasa" tambah Mayor Ahmad

Adapun 4 Koramil berkedudukan  di Mamasa, Pana, Mambi dan Sumarorong, sedangkan pemenuhan personel akan dilaksanakan secara bertahap. Tandas Kapenrem 142/Tatag dalam rilis tertulisnya. (AH)

Editor: A2W.

No comments:

Post a Comment