Produksi Ratusan Ribu Bibit Sawit Koperasi KAMU Intens Lakukan Perawatan - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, June 08, 2020

Produksi Ratusan Ribu Bibit Sawit Koperasi KAMU Intens Lakukan Perawatan


LUWU TIMUR, ZONATIPIKOR.com – Pembibitan kelapa sawit PSR oleh Koperasi KAMU yang akan disalurkan kepada petani penerima manfaat kini dalam perawatan. Dijelaskan Manager Umum Koperasi KAMU Sugiyanto bahwa progres bibit sawit yang di produksi KAMU ratusan ribu bibit sawit untuk di salurkan kepada petani penerima manfaat dalam program peremajaan sawit rakyat. "Bibit yang akan disalurkan pada bulan Agustus mendatang saat ini dalam masa perawatan.

Lebih lanjut, Sugi memaparkan bahwasanya lokasi pembibitan KAMU tersebar di beberapa tempat.  “Pembinitan yang kami kelola tersebar di 3 lokasi pembibitan. Mengingat lokasi lahan yang tidak mencukupi satu hamparan sehingga kami harus membagi lokasinya.  Pembibitan pertama dimana dilakukan nursery terletak di Desa Arolipu, kemudian lokasi pembibitan 2 mainursery terletak di desa lampenai kecamatan wotu. Sementara lokasi pembibitan ke 3 ada didesa maleku kec. Mangkutana urai ,”papar Sugi. Senin, 08/06/2020  

Proses pemeliharaan bibit di berlakukan sama karena di semua tempat ada pengelolanya masing-masing yang memiliki koordinator pembibitan. Mulai dari penyiraman, pemupukan, penjarangan hingga pembersihan gulma hal itu terjadwal secara rapi setiap harinya sehingga kami tidak khawatir bibit ini akan mengalami masa stagnasi.  

Apalagi kami sudah memproduksi pupuk organik dari kotoran hewan yang kami manfaatkan untuk pemupukan bibit sawit ini. Jadi selain pupuk kimia kami juga menggunakan pupuk organik sesuai kebutuhan dan takaran yang dianjurkan. ”pungkasnya.(*)

Reporter: Zainuddin,
Editor: A2W.

No comments:

Post a Comment