Kunjungan dari Tenaga Ahli JICA Diterima Bupati dan Wabup Wajo - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Friday, December 06, 2019

Kunjungan dari Tenaga Ahli JICA Diterima Bupati dan Wabup Wajo


WAJO, ZONATIPIKOR.com -- Bupati Wajo Dr.H. Amran Mahmud, S.Sos, M.Si dan Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE bersama Forkompinda menerima kunjungan dari Tenaga Ahli JICA selaku Penasihat Kebijakan Pembangunan Daerah untuk Wilayah Sulawesi, Mr. Shintani Naoyuki, di Pasanggarahan, Rabu tanggal 4/12/2019.

Mr. Shintani mengapresiasi upaya Kabupaten Wajo mengembangkan ekonomi masyarakat. Lembaganya dapat memfasilitasi pendampingan termasuk pengolahan produk lokal, pemasaran, penguatan kapasitas UMKM, penguatan wirausaha, kata dia.

Kunjungan ini sebagai tindak lanjut dari arahan Gubernur Provinsi Sulsel yang meminta agar JICA dapat memberi perhatian ke Kabupaten Wajo. Melalui kunjungan ini JICA dapat menyampaikan tugas-tugas pada jabatan Tenaga Ahli di wilayah Sulawesi dan prioritas kegiatan yang dapat difasilitasi melalui kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Melalui agenda kunjungan ini pula sebagai kunjungan awal berupa perkenalan kepada Bupati dan Pejabat Daerah yang dilanjutkan diskusi bersama OPD di Kabupaten Wajo, untuk menemukan isu-isu prioritas pembangunan daerah yang dapat difasilitasi untuk kerjasama. 

“Selama ini di Daerah atau Kabupaten lain, kami mengawali dengan proses kunjungan perkenalan seperti ini dan mendengar gagasan-gagasan pimpinan daerah, isu-isu prioritas kabupaten yang didampingi oleh Bappeda dan OPD-nya," jelas Dwi salah satu rombongan JICA

Pada kesempatan ini pula  Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si juga menyampaikan bahwa akan segera menyusun  perencanaan setelah berdiskusi intens bersama pihak JICA. 

“Diskusi tersebut akan dihadiri oleh OPD-OPD terkait dalam rangka mensukseskan 25 kerja nyata kita, diantaranya bagaimana mencetak 10.000 entrepreneur yang nantinya menjadi Wirausahawan berkualitas," kata Bupati Wajo.

"Begitu pula dengan pertanian terpadu integrated farming system dimana didalamnya ada peternakan, perikanan, demikian juga dengan pariwisata, persuteraan kita mulai dari hulu sampai hilir, ini akan kita kolaborasi semua dengan pendampingan, sehingga betul-betul menghasilkan yang berkualitas dan berstandar serta bisa masuk dalam market internasional," Dr. H. Amran Mahmud menambahkan.

Wakil Bupati Wajo H. Amran, SE juga menegaskan kembali apa yang telah disampaikan Bupati Wajo bahwa program kerja nyata yang akan dia paparkan melalui OPD terkait pada saat diskusi nantinya.

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Daci Dais.

No comments:

Post a Comment