Hari Santri Nasional Dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Mu'minin Doping Kecamatan Penrang - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, October 21, 2019

Hari Santri Nasional Dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Mu'minin Doping Kecamatan Penrang


WAJO, Zonatipikor.com -- Hari Santri Nasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Daarul Mu'minin Doping Kecamatan Penrang, Jumat 18 Oktober 2019. Dengan mengambil tema " Santri Indonesia untuk perdamaian dunia."

Dalam pelaksanaan acara ini menyelenggarakan berbagai jenis pertandingan olahraga diantaranya Bola volli dan sepak takraw serta perlombaan seni diantaranya qasidah modern, lomba puisi dan debat santri.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Wajo, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Wajo, Forkopimda Kabupaten Wajo, pemuka agama, tokoh agama, tokoh masyarakat serta pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Wajo.

Dalam sambutan Wakil Bupati Wajo H.Amran, SE menyampaikan bahwa dia turut mendukung adanya seremonial peringatan Hari santri nasional yang melibatkan seluruh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Wajo, kegiatan ini secara umum akan menjadi ajang silaturahim bagi seluruh santri dan santriwati yang ada di daerah Kabupaten Wajo. Hal ini sangat diperlukan agar tidak terjadi dikotomi pesantren yang saling gengsi antar pesantren.

Selain itu juga diharapkan menjadi wadah bagi seluruh santri dan santriwati bertukar pengetahuan melalui beberapa kegiatan lomba atau debat santri yang ikut dipentaskan pada rangkaian kegiatan ini, karena tidak menutup kemungkinan setiap Pesantren memiliki metode pengajaran yang berbeda satu dengan yang lain dalam proses pembelajaran masing-masing.

Hari santri merupakan momentum yang sangat baik bagi masyarakat Wajo, untuk semakin menguatkan Citra daerah Wajo sebagai daerah yang berkarakter religius, sebagai Marwah kota santri yang disandang sejak dahulu,  hal ini juga menjadi agenda prioritas dalam mewujudkan akselerasi peningkatan kualitas hidup manusia dan karakter religius masyarakat Kabupaten Wajo.

"Saya berharap kepada seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Wajo, kiranya dapat memberikan kontribusi terhadap agenda tersebut, mengingat bahwa diri kita merupakan tujuan utama pendidikan agama di Sulawesi Selatan dan bahkan beberapa daerah di luar Sulawesi Selatan," jelas H. Amran, SE.

Juga dikatakan kalau dia mengharapkan agar pelaksanaan rangkaian acara hari santri nasional yang diawali pada hari ini, mampu mengangkat dan menumbuh kembangkan penyebarluasan ajaran ajaran Islam, sehingga tercipta masyarakat yang religius yang senantiasa berserah diri kepada Allah SWT

"Kembali saya ingatkan pada seluruh juri dalam pesantren dan peserta agar tetap menjunjung tinggi prinsip ajaran agama kita dalam pelaksanan kegiatan kita kedepan, dan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar aman, tertib serta senantiasa menjaga amanah yang dipercayakan kepada masing-masing perwakilan yang mewakili pondok pesantrennya," harap Wakil Bupati Wajo diakhir sambutannya.

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Daci Dais.

No comments:

Post a Comment