Bupati Wajo Resmi Menutup Diklat Audit Kinerja Pemkab Wajo, Ini Harapannya - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Friday, August 23, 2019

Bupati Wajo Resmi Menutup Diklat Audit Kinerja Pemkab Wajo, Ini Harapannya


WAJO, Zonatipikor.com - Bupati Wajo, H. Amran Mahmud, menutup secara resmi rangkaian kegiatan Diklat Audit Kinerja Pemerintah Daerah bagi pegawai di lingkungan Inspektorat Daerah Kabupaten Wajo, Jumat (23/8/2019) di Kantor BKPSDM Kabupaten Wajo. 
Sebelumnya, Diklat Audit Kinerja bagi Pegawai di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Wajo Tahun 2019 berlangsung selama 5 hari, dari tanggal 21 Januari 2019 sampai dengan 25 Januari 2019 dan diikuti oleh 30 APIP.  Panitia penyelenggara diklat, Basri dalam laporannya menyampaikan bahwa tingkat kehadiran peserta selama penyelenggaraan diklat diatas 95% dengan didukung skor evaluasi rata-rata baik sehingga seluruh peserta berhak menerima sertifikat telah mengikuti diklat. 

Adapun materi yang disajikan dalam Diklat Audit Kinerja tersebut, yaitu Konsep Dasar Audit Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Penetapan Tujuan dan Lingkup Penugasan, Pemahaman Auditan - Tujuan dan Sasaran, Penilaian Kecukupan Indikator Kinerja, Perencanaan Audit Kinerja - Identifikasi dan penilaian risiko, Identifikasi dan Evaluasi Pengendalian, Penyusunan Program Kerja Audit, Pelaksanaan Audit Kinerja, serta Penyusunan Laporan Hasil Audit Kinerja.


Bupati Wajo, H. Amran Mahmud mengungkapkan diklat tersebut sangat penting untuk membekali dan memperbarui kompetensi para auditor agar mampu bekerja secara profesional dan mengawal pemerintahan kedepannya.


Ia menambahkan untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik, APIP sebagai tonggak utama pengawal pemerintahan harus memiliki kompetensi yang memadai untuk berperan aktif dalam setiap proses pemerintahan. 


"Kita ingin menghadirkan pemerintahan yang bersih, pemerintahan yang kuat, pemerintahan yang terpercaya, pemerintahan yang terlegitimasi, semua itu bisa terwujud kalau APIP kita bisa berperan aktif mulai dari perencanaan, pelaksanaan, kontrol, hingga tindak lanjut dalam menyelesaikan berbagai problematika pemerintahan," katanya.


Olehnya itu, Amran Mahmud berharap ilmu yang telah di dapat APIP selama berlangsungnya diklat bisa diimplementasikan dengan baik sehingga setiap permasalahan pemerintahan yang ada bisa terselesaikan dengan cepat. 


 "Visi misi kita yaitu Pemerintahan yang Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera, kalau kita mampu menghadirkan tata kelola pemerintahan yang profesional, akuntabel, transparan, dalam penyelenggaraan pemerintahan saya yakin dalam waktu 5 tahun kita mampu wujudkan kesejahteraan masyarakat," pungkasnya. 


Diketahui, berdasarkan hasil pretest dan posttest, peserta terbaik dalam Diklat Audit Kinerja Pemerintah Daerah bagi pegawai Lingkup Inspektorat Kabupaten Wajo diraih oleh Hartasni Setiawan sebagai rangking 1, Hafiuddin sebagai rangking 2, dan Hasmulyawan sebagai rangking 3.


Sumber : Humas Pemkab Wajo,

Editor : Andi Mappatoto,SH.MH.

No comments:

Post a Comment