Terima Kasi Para Relawan, Ini Kata Bupati Wajo. - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Thursday, June 20, 2019

Terima Kasi Para Relawan, Ini Kata Bupati Wajo.


ZONATIPIKOR.COM,WAJO - Pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk menyalurkan bantuan. Hal itu tertuang dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Pasal 5 undang-undang itu menyebutkan pemerintah dan pemerintah daerah menjadi penanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. Ini menjadi dasar didirikannya Posko induk Tanggap Darurat Banjir Wajo 2019.
Sehari pasca Bupati Wajo dan forkopimda turun langsung kelokasi banjir memastikan penyebaran Bantuan Korban khususnya di Kecamatan tempe, muncul keluhan salah satu masyarakat Watalippue yang hanya mendapat Mie Instan dan Air mineral, sebut saja namanya Efo (50), dan keluhan masyarakat tonronge yang belum mendapatkan Bantuan.

"Sebagai Pemerintah, saya akan pastikan semua warga terdampak banjir akan mendapatkan bantuan, walaupun antara daerah satu dengan lainnya berbeda karena wilayah terdampak banjir tahun 2019 ini cukup luas tersebar di 9 kecamatan. Dan bantuan yang masuk melalui pintu posko induk BPBD dan dinas sosial telah disalurkan secara bertahap ke semua kecamatan terdampak banjir sejak status Darurat Banjir Wajo," ungkap Dr. H. Amran Mahmud.

Dan disampaian bahwa mulai bantuan beras telah di distribusikan ke semua kecamatan, termasuk juga bantuan dari kementerian pertanian dan bantuan donatur lainnya yang kebanyakan berupa mie Instan dan air mineral.

Karena banyaknya jenis bantuan yang masuk ke posko induk dan beberapa jenis bantuan terbatas jumlahnya, maka seluruh bantuan yang diserahkan antara desa atau kelurahan yang satu dengan yang lain, terkadang berbeda-beda, jelas Bupati Wajo.

"Saya mengajak masyarakat untuk tetap bersabar dalam menghadapi cobaan bencana banjir ini dan tetap waspada dan hati-hati. Bagi masyarakat yang merasa belum mendapatkan bantuan, saya persilahkan melaporkan diri anda ke kelurahan atau kecamatan. Dapat juga datang langsung ke Posko Induk Tanggap Darurat Banjir Wajo di Belakang Tribun Lapangan Merdeka Sengkang," terang Dr. H. Amran Mahmud

Diakhir arahannya Bupati Wajo mengucapkan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh dinas terkait, para donatur dan para relawan yang telah bekerja keras dengan Ikhlas, tanpa pamrih selama membantu saudara dan korban yang terkena Bencana Banjir. Jazakumullahu Khairan Katsiran,  tutup Bupati Wajo.


Penulis : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Aswin Maramat.

No comments:

Post a Comment