Kodim 1412/Kolaka Laksanakan Tugas Bantuan Pada Pemda Untuk Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Tuesday, June 25, 2019

Kodim 1412/Kolaka Laksanakan Tugas Bantuan Pada Pemda Untuk Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam

Penulis : Peltu Naharuddin, 
Editor : Andi Aswin Maramat.

ZONATIPIKOR.COM,KOLAKA - Komando Distrik Militer 1412/Kolaka melakukan Kegiatan Latihan Posko l. Kegiatan ini melibatkan tiga pemerintah Daerah yang ada di Sulawesi Tenggara, yaitu Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur. Sebagai bentuk keseriusan, hadir dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Kolaka H Ahmad, Ketua DPRD Kolaka H Parmin Dasir, Sekda Koltim H. Eko Santoso mewakili Bupati Koltim H Tony Herbiansyah, Forkopimda Kolaka, Kepala Basarnas Kolaka, Kepala Badan Penggulangan Bencana Daerah(BPBD) Kolaka, Ketua Pengadilan Negeri Kolaka. Selain itu hadir pula Kolonel Inf Djambar (Staf Ahli Dam XIV/ HSN), Kolonel Arm Hari Wibowo, S. Sos ( Aster Kasdam XIV/Hsn).
Kegiatan yang bertema Latihan.  ”Kodim 1412/Kolaka melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah untuk menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah Kab. Kolaka, Kab. Kolaka Timur dalam rangka mendukung tugas pokok Korem 143/HO” bertujuan meningkatkan kemampuan komandan dan staf dalam merencanakan suatu operasi bantuan kepada Pemda. Bantuan yang dimaksud mencakupi hal-hal keterpaduan, kerjasama dan kordinasi dalam pengambilan keputusan, taktik dan tehnik olah yudha, pengintegrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki, prosedur tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Kodal Operasi.

Kegiatan ini dibuka oleh Danrem 143/HO  Kolonel Inf  Yustinus Nono Yulianto,SE.Msi dan dilaksanakan tanggal 17 s.d 19 Juni 2019 di Makodim 1412/Kolaka.

Dandim 1412/Kolaka Letkol Kav Amran Wahid, S.T., M.M berharap melalui latihan posko I ini dapat terbentuk organisasi tanggap darurat untuk Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara dan Kolaka Timur. "Jadi bila terjadi benca alam  seluruh unsur terkait sdh siap. Sehingga penanganan cepat. Terarah serta kita mengetahui apa dan siapa serta berbuat apa," katanya.

Latihan posko I ini adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyiapkan satuan TNI dalam hal ini Kodim 1412/kolaka  menjadi satuan yang siap ketika ada bencana di wilayah. "Jadi kita tidak  lagi kelagapan karena hal ini merupakan metode latihan taktis dari TNI AD yang dilaksanakan untuk menyiapkan kesiapan kita antara komandan dengan Staf termasuk dilatih hubungan prosedur antara komandan dengan perwira -perwira staf," tutupnya. (*)

No comments:

Post a Comment