RAT GABUNGAN KUD SE-KABUPATEN WAJO - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, April 22, 2019

RAT GABUNGAN KUD SE-KABUPATEN WAJO



Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Mappatoto,SH.MH.

ZONATIPIKOR.COM,WAJO - Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo mewakili Bupati Wajo dalam kegiatan Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Gabungan KUD se-Kabupaten Wajo. Dalam kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Pengurus PUSKUD Sulawesi Selatan, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, dan Ketua Dekopinda Kabupaten Wajo.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A, S.Sos., MM, menyampaikan harapannya kiranya KUD bisa kembali eksis seperti yang terjadi pada tahun 1980-an hingga 1990-an.  Koperasi merupakan sokoguru perekonomian disamping BUMN/BUMD dan Swasta. Koperasi diharapkan untuk menghadirkan kesejahteraan bagi para anggotanya.
Lebih lanjut Sekda Wajo menyampaikan bahwa untuk mengakselerasi fungsi koperasi dengan mensejahterakan anggota maka Pengurus Koperasi harus memiliki jiwa kewirausahaan (entrepreneur). 

Terdapat 5 (lima) pilar untuk membangun jiwa kewirausahaan, yaitu (1). Kerja keras, (2) Pantang menyerah (3) Motivasi tinggi, (4) Kreatif, dan (5) Inovatif.  Jika kelima pilar ini dioptimalkan dan dikolaborasikan dalam mengelola koperasi, maka akan menampakkan kinerja yang luar biasa.

Sekda Wajo juga mengungkapkan bahwa dari 25 (dua puluh lima) Kerja Nyata PAMMASE terdapat 3 (tiga) hal diantaranya yang bersentuhan dengan koperasi, yaitu (1) Bantuan modal usaha, teknologi, dan pemasaran, (2) 10.000 (sepuluh ribu) wirusahawan baru, dan (3) Peningkatan pendapatan perkapita Rp. 60 juta.  

PAMMASE merupakan singkatan dari Visi Pemerintah Kabupaten Wajo tahun 2019-2024  "Pemerintah Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera". Semoga dengan bangkitnya Koperasi khususnya KUD di Kabupaten Wajo, maka dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, tentunya jika lembaga koperasi itu dikelola dengan baik dan yang tidak kalah pentingnya adalah Pengurus harus transparan dan akuntabel dalam pengelolaannya.
(*)

No comments:

Post a Comment