Pertemuan Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Kabupaten Wajo, Berikut Kegiatannya... - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, April 29, 2019

Pertemuan Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Kabupaten Wajo, Berikut Kegiatannya...


Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Aswin Maramat.

ZONATIPIKOR.COM,WAJO -  pertemuan ini dipimpin oleh Sekretaris Daerah H.Amiruddin,S.Sos.,M.M yang diselenggarakan diruang rapat pimpian pada hari ini Senin,29/4/2019.
Perlu diketahui Pertemuan koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Kabupaten Wajo, merupakan koordinasi antara institusi terkait dalam penanganan keamanan pangan di Kabupaten, yang bertujuan mengetahui kondisi keamanan pangan di Kabupaten Wajo baik Pangan Segar Asal Tumbuhan (PAST), ikan, unggas dan hasil olahan pangan (jajanan).

Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan tingkat Kabupaten Wajo yang merupakan forum/wadah komunikasi antar institusi terkait di Kabupaten Wajo, dalam mengintegrasi berbagai program keamanan pangan, yang dilaksanakan masing-masing OPD, yang segera akan  ditetapkan dengan SK Bupati.  Sebelumnya telah ditetapkan dengan SK Bupati Kelompok Kerja Jejaring Keamanan Pangan, ungkap Kabid Ketahanan pangaan DKP Budhi Kusumawati, S.Sos.,M.Si.

Dalam pertemuan ini dipaparkan hasil-hasil pemantauan keamanan pangan di Pasar t
Tempe, Pasar Mini Tokampu dan Pasar Sentral pada tanggal 26 April 2019.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Wajo Drs. Andi Pemmeneri, M.Si,  juga menyampaikan bahwa telah dilakukan pengujian pangan segar dengan mengirim sampai ke PT. Mutuagung Lestari di Makassar dan Laboratorium Uji Pestisida, di Maros.  

Sampel yang dikirim untuk buah apel yang bersumber dari salah satu toko modern terindikasi mengandung formalin, dan sawi yang bersumber dari salah satu pasar tradisional tercemar residu pestisida.” Ungkap Hj. Nasria perwakilan Dinkes

H. Amiruddin A, S.Sos., M.M,  dalam sambutannya mengatakan, pertemuan tim JKP rutin dilaksanakan agar informasi-informasi berkaitan keamanan pangan cepat diketahui dan segera dapat dicarikan solusinya.

Adapun rekomendasi pertemuan ini meliputi, pertama kegiatan rutin pemeriksaan makanan terhadap warung makan, jualan/jajanan yang ada dipasar, kedua Merumuskan membantu memasarkan produknya, terutama sertifikasi halal, sertifikasi SNI, BPOM, dan pemasangan barkot, Jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo

Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H.Amiruddin A, S.Sos., M.M selaku Ketua Tim Koordinasi Jejaring Keamanan Pangan, Kepala-kepala OPD serta yang mewakili, Kabag Pembangunan, Kabag Perekonomian, Kabag Umum, perwakilan Dinas Tanaman Pangan, Tim Koordinasi JKP serta anggota Pokja JKP. (*)

No comments:

Post a Comment