Jelang Bulan Puasa Pemkab Wajo Gelar Operasi Pasar - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Friday, April 26, 2019

Jelang Bulan Puasa Pemkab Wajo Gelar Operasi Pasar

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Mappatoto,SH.MH.

ZONATIPIKOR.COM,WAJO – Bupati Wajo diwakili Sekretaris Daerah H.Amiruddin,S.Sos, M.M,melakukan operasi pasar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah dan Tim Jejaring pangan di Pasar Tempe, Pasar Mini dan Pasar Sentral Sengkang pada hari Jumat 26 April 2019.


Kegiatan ini dilakukan menjelang Bulan Puasa yang jatuh pada bulan Mei 2019 tahun ini. Menjaga harga di pasar menjadi stabil, sehingga masyarakat daya belinya tidak berkurang.

Dalam menghadapi bulan puasa dan lebaran nanti, sehingga diadakan pemantauan harga dan ketersediaan bahan pangan di pasar tradisional oleh Tim TPID, yg dipimpin oleh Sekda Wajo, dalam kegiatan ini berinteraksi langsung dengan para pedagang dalam mendapatkan informasi perkembangan harga bahan pokok.

Dari hasil pemantauan sejumlah bahan pokok sdh ada yg bergerak naik, yaitu terutama bawang putih, bawang merah, telur maupun ayam potong,Untuk komoditi bawang merah harga per kg 45.000, harga minggu sebelumnya 25.000 -28.000 demikian pula bawang merah harga per kg 40.000. harga sebelumnya 25.000-30.000.

Tim TPID melakukan pemantauan di 3 (tiga) pasar tradisional, yaitu pasar tempe, pasar mini tokampu dan pasar sentral, untuk telur, ayam potong, rata rata kenaikan Rp.2000- 3000.

Demikian pula halnya pada saat yg bersamaan Tim Jejaring Keamanan Pangan bersama TPID, juga melakukan pemantauan, pengawasan penanganan keamanan pangan di pasar tradisional di pasar tempe, pasar mini tokampu dan pasar sentral menjelang bulan puasa/ ramadhan dan menghadapi lebaran, kegiatan tim jejaring keamanan pangan ini Dinas Ketahanan Pangan.

Perlunya menjaga atau penanganan pangan yg akan dikonsumsi oleh masyarakat sehingga pangan tidak tercemar oleh bakteri dan logam berat akibat diletakkan dekat dengan permukaan tanah yg becek atau di letakkan di permukaan tanah tanpa alas sehingga aman untuk di konsumsi.

Dari hasil pemantauan di lapangan masih ada penjual makanan ataupun penjual bahan pangan, belum melindungi jualannya dari tercemar bakteri atau pun lalat, sehingga Tim menyarankan untuk menutup ataupun melindungi dagangannya sehingga tdk tercemar bakteri.

Demikian pula pedagang/penjual ikan asin, masih ada yg menggunakan pewarna yang tidak disarankan untuk digunakan.

Untuk bawang merah stabilisasi harga dilakukan oleh bulog dengan menyiapkan bawang merah dan bawang putih dgn harga yang lebih murah untuk masyarakat, dan bulog standby tiap hari di pasar untuk menggelar pasar murah.

Kegiatan gerakan stabilisasi harga yang rutin dilakukan oleh bulog dan Pemkab Wajo dalam hal ini Dinas Perdagangan dengan lokasi di pasar Tempe
Perlu diketahui susunan Tim Jejaring Keamanan Pangan di ketuai oleh Sekretaris Daerah.

Untuk pokja tim jejaring pengawasan pangan diketuai oleh kabag perekonomian dan sekretarisnya kepala bidang konsumsi dan keamanan pangan dinas Ketahanan Pangan.Untuk TPID, diketuai, Bupati Wajo, Wakil ketua 1 Wakil Bupati dan ketua harian Sekda.

Turut hadir dalam operasi pasar ini Kabag
perekonomian Ir.Andi Musdalifah,M.Si, Kabid Pasar Tahir Tajang,S.Sos,M.Si, Kabid konsumsi dan keamanan pangan Budhi Kesumawati,S.P, M.Si, Forkompinda dan Tim TPID serta Tim jejaring pengawasan pangan termasuk dari Dinas Kesehatan.(*)

No comments:

Post a Comment