Simaan Alqur’an di Selenggarakan Oleh Panitia Masjid Al Amin - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Wednesday, April 24, 2019

Simaan Alqur’an di Selenggarakan Oleh Panitia Masjid Al Amin

Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Andi Mappatoto,SH.MH.

ZONATIPIKOR.COM,WAJO - Bupati Wajo diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo menghadiri pembukaan “Gelar Simaan Alqur’an” yang diselenggarakan oleh Panitia Masjid Al Amin Jalan Jambu Sengkang. Acara ini merupakan apresiasi dari Pengurus Masjid dalam menyambut datangnya bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M. (25/4).
Secara teknis dalam acara tersebut adalah melakukan tadarrus Alqur’an yang dilakukan oleh penghafal Al Qur’an (Hafidz)  masing-masing 1 (satu) juz  untuk 1 (satu) Hafidz. Kegiatan ini dilakukan selama 2 (dua) hari. Hari pertama kamis tanggal 25 April 2019 dimulai setelah Shalat Subuh sampai dengan pukul 18.00 WITA dengan target 15 juz, sementara keesokan harinya tanggal 26 April 2019 dilanjutkan lagi untuk 15 juz berikutnya.  Sehingga selama 2(dua) hari ditargetkan oleh Panitia khatam 30 juz.  

Simaan Alqur’an ini dilakukan dengan maksud lebih mendekatkan nilai-nilai Al Qur’an baik dalam aktivitas menghafal, membaca, mengkaji dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pada saat Hafidz menghafalkan Ayat-Ayat Al Qur’an maka para Jamaah mengikuti bacaan tersebut dan mencocokkan antara hafalan yang dilafazkan oleh Hafidz dengan Al Qur’an.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia Drs. H. Muh. Yunus, S. Ag., menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah kabupaten Wajo atas dukungan moril yang diberikan dengan hadirnya Sekrtaris Daerah mewakili Bupati Wajo. 

 “Kami atas nama Panitia mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Bupati Wajo yang dalam hal ini diwakili oleh Sekda Wajo atas kehadirannya mengikuti shalat Subuh berjamaah sekaligus memberikan sambutan dan arahan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan ini” kata Muh. Yunus.

Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, H. Amiruddin A., dalam sambutannya mewakili Bupati Wajo, mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai bentuk peningkatan ketaqwaan kepada Allah SWT.  “Saya berharap kegiatan ini menjadi pionir untuk masjid-masjid lainnya yang ada di Kabupaten Wajo, karena di samping menjalin ukhuwah Islamiah juga merupakan jalan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan banyak melakukan tadarrus Al Qur’an." Ungkapnya.

Alqur’an merupakan petunjuk dan tuntunan yang kebenarannya tidak terbantahkan lagi karena memang merupakan sumbernya dari Allah SWT melalui Rasulullah SAW. 

"Mari kita terus menjaga Al Qur’an dengan membudayakan membaca, mengkaji, dan mengimplementasikan nilai-nilai Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari”  kata Amiruddin. Lebih lanjut Sekda Wajo menyampaikan bahwa “kegiatan ini sejalan dengan salah satu dari 25 (dua puluh lima) Kerja Nyata Pammase, yaitu Gerakan Masjid Cantik yang disingkat GEMANTIK.  

Dalam program GEMANTIK ini diharapkan setiap masjid meningkatkan fungsi dan perannya sebagai pusat pembinaan umat seperti yang dilakukan saat ini melalui kegiatan tadarrus Al Qur’an, termasuk kegiatan-kegaiatan lainnya seperti menjaga kelayakan masjid sebagai tempat ibadah yang bersih  dan  nyaman termasuk tempat wudhu, tempat buang hajat dan lingkungan masjid secara keseluruhan. 

Selain itu dalam GEMANTIK ini diharapkan ada kegiatan Tahfizul Qur’an, dan Madrasah Diniyah Awaliah (MDA) sebagai langkah awal  pembinaan anak-anak menjadi insan yang berakhlakul karimah. Kemudian, PAMMASE itu merupakan akronim dari Visi pemerintah kabupaten Wajo 2019-2024 “Pemerintah Amanah Menuju Wajo Maju dan Sejahtera”, demikian Amiruddin menutup sambutannya. (*)

No comments:

Post a Comment