Bupati Wajo : Guru Berperan Aktif dalam Menghadirkan Pendidikan 4.0 Dalam Mendukung Pembelajaran - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Monday, April 15, 2019

Bupati Wajo : Guru Berperan Aktif dalam Menghadirkan Pendidikan 4.0 Dalam Mendukung Pembelajaran


Sumber : Humas Pemkab Wajo,
Editor : Takbir,S.Sos,M.Si.

ZONATIPIKOR.COM,WAJO - Audensi Dinas Pendidikan  Kabupaten Wajo, Kwartir cabang gerakan pramuka, Dewan Pendidikan Kabupaten Wajo, dan PGRI Kabupaten Wajo dengan Bupati Wajo di ruang pola Kantor Bupati Wajo, Senin 15 April 2019.

Dalam acara ini Drs. Jasman Juanda sebagai Ketua dari ke empat pilar ini menyampaikan bahwa Audensi ini sebagai bentuk dukungan dalam program Visi Misi Bupati Wajo dari 25 program kerja nyata yang mana ada beberapa program yang beririsan langsung dengan dunia pendidikan di Kabupaten Wajo, diantaranya sarana dan prasarana, pemberian bea siswa dan lainnya.
Dijelaskan nilai kompetensi Kabupaten Wajo urutan keempat di Provinsi Sulawesi Selatan walaupun terkendala dalam beberapa hal, dan organisasi Pendidikan mendapatkan nilai A + dengan masuknya kebudayaan di Dinas Pendidikan kemarin. Dalam pengembangan literasi Wajo berada diurutan ketiga setelah Maros dan Sidrap sebab Wajo kalah bersaing dari 2 kabupaten lain karna tidak ada taman bacaan.

Hal lainnya dari Kebudayaan ada 3 hal yang mengangkat nama Wajo diantaranya Massure,  Gambus, dan Maccera Pangadereng utamanya alat alat pusaka yang ketiganya mendapat pengakuan kalau hal itu cuma ada di Wajo.

Dalam sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si menyampaikan rasa bahagianya telah dipertemukan dengan pejuang pejuang pendidikan Kabupaten Wajo hari ini.

Dalam penyampaian berikutnya Dr. H. Amran Mahmud mengungkapkan masalah sarana dan prasarana dalam dunia pendidikan , dari kegiatan musrenbang kemarin yang telah dilaksanakan di 14 Kecamatan, didapatkan kenyataan bahwa kondisi sarana dan prasarana butuh perhatian lebih dan butuh konsep yang lebih baik, juga masalah ketenagaan yang belum merata dan tertata.

Bagi guru yang nantinya mau ditempatkan dipelosok akan diberi motivasi lebih dengan karir yang lebih pasti dan pemberian honor lebih .

"Diera 4.0 para guru akan berperan aktif, semua bisa selesai dalam genggaman kita dan itu bisa dicapai dengan mengembangkan Sumber Daya Manusia, juga tenaga dan ketenagaan kita harus berkualifikasi menghadirkan pendidikan 4.0 dalam pembelajaran," ungkap Bupati Wajo.

Pengelolaan Daerah dengan E Government melalui aplikasi sehingga bisa membawa Daerah Kabupaten Wajo menjadi smart city.

"Data base pendidikan harus dikelola dengan baik sehingga bisa dideteksi apa yang kurang, baik sarana dan prasarananya, semua itu butuh dukungan kita bersama, karna kalau tidak kita bisa tergilas dan akan hanya jadi penonton," ungkap Dr. H. Amran Mahmud.

Semua itu butuh pembenahan , harus didukung SDM yang mumpuni untuk bisa bersaing dengan daerah daerah lain dan ini akan berkolaborasi dengan sistem lainnya. Bupati Wajo optimis kalau semua kompak dan kerjasama, maka itu bisa dilaksanakan Bupati Wajo menutup harapannya. (*)

No comments:

Post a Comment