Aktivitas di Luar Kelas di Laksanakan SMAN 4 Soppeng - Zona Tipikor

INTERNASIONAL

Tuesday, April 30, 2019

Aktivitas di Luar Kelas di Laksanakan SMAN 4 Soppeng

Reporter : Andi Adhy,
Editor : Kamaruddin.

ZONATIPIKOR.COM,SOPPENG - SMAN 4 Soppeng Jl. Neneurang Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas dengan materi penjelajahan dengan Tujuan membina kesehatan dan kesegaran fisik, mentak  dan emosi serta mengurangi ketegangan pikiran.  (1/5/2019).

Salah satu materi dalam mata pelajaran Penjaskes (Olahraga) adalah  materi penjelajahan di alam bebas adalah salah satu mata pelajaran yang tidak boleh dipandang sebelah mata. 
Sesuai kurikulum  pada jenjang SMA / MA kelas XI beberapa materi penjas baik dari permainan bola besar, permainan bola kecil, aquatik dan penjelajahan.
Kejenuhan yang ditimbulkan karena selama ini proses pembelajaran selalu di lakukan di dalam kelas, merupakan latar belakang munculnya konsep belajar di luar kelas atau yang lebih dikenal dengan Aktivitas Luar Kelas. 

Pendidikan yang selalu dilakukan di kelas selama ini sangat berpotensi menimbulkan kebosanan bagi siswanya, sehingga pengembangan dari aktivitas luar kelas sangatlah perlu dilakukan. 

Karena aktivitas luar kelas bisa dijadikan sarana alternatif dalam peningkatan kualitas manusia yaitu melalui alam. 

Konsep belajar dari alam adalah mengamati fenomena secara nyata dari lingkungan dan memanfaatkan apa yang tersedia Melalui alam, bisa meningkatkan pola fikir dan sikap mental.

Suarti, S.Pd M.Pd  pembina yang mendampingi dalam kegiatan ini mengatakan Dengan alam kita bisa melakukan apa saja termasuk mengembangkan pengetahuan dan melakukan proses belajar yang tidak kalah efektif dengan proses belajar yang dilakukan dalam kelas. 

Proses belajar pada kegiatan luar kelas pada dasarnya adalah dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk memperoleh pengalaman langsung dalam rangka penguasaan terhadap:

1. Konsep bunyi dan pengetahuan yang berkaitan dengan manusia dan sumber-sumber alam
2. Kecakapan hidup yang menghasilkan kesehatan, sejahtera, kreatif dan refreshing way of living
3. Sikap positif yang merefleksikan harmoni manusia dan alam

Mardiah, S. Pd Guru Penjaskes Menambahkan bahwa penjaskes tidak hanya membutuhkan keterampilan psikomotorik saja tetapi ada beberapa aspek penting lainnya, termasuk dengan menguasai Materi Penjas yang berhubungan dengan aspek kognitif / pengetahuan dan afektif/ sikap. 

Selain itu kegiatan ini juga melibatkan Guru dari beberapa Mata Pelajaran dengan Harapan siswa mampu  memahami nilai-nilai dari penjelajahan alam. (*)

No comments:

Post a Comment